Ada Ajang Festival Cahaya Papua untuk Kampanyekan PON XX

Mercy Raya - Sport
Rabu, 30 Des 2020 18:50 WIB
Ketua Harian Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional, Yunas Wonda.
Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, mengungkap akan menggelar acara sosialisasi. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) akan menggelar virtual event Festival Cahaya Papua. Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi PON Papua.

PON akan berlangsung 20 Oktober sampai 4 November 2021 di Papua. Multiajang itu akan mempertandingkan 37 cabor.

Dalam persiapannya, panitia penyelenggara terus menggenjot kesiapan. Termasuk melakukan sosialisasi apalagi kegiatan tesebut sempat mengalami penundaan. Semula, PON Papua akan berlangsung 20 Oktober-2 November 2020.

Nah, 300 hari jelang perhelatan, PB menggelar sebuah festival Cahaya Papua. Acara ini akan menjadi pertunjukan virtual pertama di Indonesia dengan set panggung serta berbagai seni dan budaya Papua di atas kapal landing craft tank berlatarkan keindahan alam Papua.

"Dalam rangka 300 hari jelang pelaksanaan PON, kami menyelenggarakan sebuah festival penuh cahaya dari Papua. Festival ini sekaligus mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Papua," kata Ketua Harian Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional, Yunas Wonda, dalam rilis yang diterima detikSport, Rabu (30/12/2020).

"Kegiatan ini sebagai momentum sosialisasi logo, maskot, pictogram dan slogan PON XX Papua 2021, sekaligus penanda Provinsi Papua siap melaksanakan PON XX Papua 2021," ujarnya.

Semakin menyemarakkan, PB menggandeng sejumlah artis top ibu kota untuk terlibat sebagai pengisi acara. Dari mulai Padi Reborn hingga Raffi Ahmad.

Selain itu akan ada pertunjukkan dari Jayapura Art Dance, Papua Original, Yewen Papu, Pragina Gong, Epo D'Fenomeno, De Sagoo, & Rasmel Band juga menambah kemeriahan Festival Cahaya Papua jelang 300 hari PON XX Papua 2021. Acara ini akan dipandu oleh Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Angelica Senggu.

Berkaitan dengan itu, Yunus juga menyampaikan bahwa untuk mencegah penyebaran virus COVID- 19 dan menghindari kerumunan, maka event ini akan disiarkan secara virtual.

Diharapkan seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di Papua bisa menaati protokol kesehatan dengan menonton dan menikmati pertunjukan virtual event ini di rumah saja.

"Acara ini bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat bisa melalui streaming di official Facebook serta Youtube Channel PON XX Papua."

(mcy/cas)