UFC Tahun 2020: Akhir Era Khabib Nurmagomedov

Afif Farhan - Sport
Kamis, 31 Des 2020 20:20 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia compete against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
UFC Tahun 2020: Akhir Era Khabib Nurmagomedov (Getty Images/Francois Nel)
Jakarta -

Tahun 2020 merupakan akhir era Khabib Nurmagomedov di UFC. 'The Eagle' menyatakan pensiun dengan rekor yang menyilaukan pandangan.

Khabib Nurmagomedov menutup karier di UFC dengan pertarungan terakhir kontra Justin Gaethje. Duel itu berlangsung di Fight Island, Abu Dhabi pada Minggu (25/10) dalam UFC 254.

Justin Gaethje mampu meraih titel gelar juara interm kelas ringan, setelah di luar dugaan mampu menghempaskan Tony Ferguson. Gaethje berhak untuk merebut sabuk juara dari tangannya Khabib.

Khabib Nurmagomedov seperti diprediksi, mampu menaklukkan Justin Gaethje. Di ronde kedua lewat triangle choke (suatu kuncian yang jarang dilakukan Khabib), Gaethje menyerah.

Khabib begitu emosional setelah laga. Petarung asal Dagestan itu tak bisa menyembunyikan perasaan dan menangis di dalam octagon.

[Gambas:Instagram]




Setelah laga itu, Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun. Itu setelah sang ibu, tak mau melihat Khabib bertarung setelah ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov tutup usia di awal bulan Juli. Seperti diketahui, Abdulmanap tutup usia karena penyakit jantung.

Khabib menutup kariernya dengan gemilang. Rekor kemenangannya 29-0, mampu mempertahankan sabuk juara kelas ringan, dan menempati peringkat pertama pound-for-pound (P4P) alias petarung terhebat.

Khabib sungguh tidak terkalahkan, tanpa cela. Sempurna.

Menjelang akhir tahun 2020, isu comeback Khabib Nurmagomedov mencuat. Khabib rasa-rasanya masih dirindukan pecinta UFC.

Presiden UFC, Dana White juga ingin kembali mengajak Khabib bertarung di octagon. Demi menggenapkan rekor kemenangannya menjadi 30.

"Ya benar (aku berpikir ia akan kembali). Aku pikir ia takkan pensiun. Ayahnya menginginkan dirinya sampai ke 30-0 dan aku pikir ia ingin menghormati wasiat sang ayah," tutur Dana White seperti dilansir ESPN.

Khabib NurmagomedovKhabib Nurmagomedov (Instagram/ufc)

Tapi Khabib Nurmagomedov adalah pria sejati. Dia sudah memegang teguh pada pendiriannya untuk berhenti. Sekaligus, sepenuh hati mematuhi perintah sang ibunda.

"Dana White (Presiden UFC) akan menggoda saya dengan uang yang sangat banyak. Bayangkan jika dia menawari uang senilai 100 juta USD (Rp 1,4 triliun-red), itu akan jadi masalah," kata Khabib seperti dilansir media Rusia, RT.

Sontak, penggalan pernyataan Khabib Nurmagomedov tersebut disambut dengan cepat oleh media-media internasional. Yang intinya, Khabib mau comeback asal dibayar 100 juta USD!

Tapi rupanya, Khabib belum selesai ngomong. Dia menegaskan lagi dan lagi, tidak tertarik dengan uang!

"Itu tidak membuatku tertarik," katanya menyambung pernyataan soal 100 juta USD.

Maka tahun 2020, adalah akhir era Khabib Nurmagomedov. Sudah dua tahun sejak 2018, dirinya menyabet gelar juara kelas ringan mengalahkan Al Iaquinta dan empat kali sukses mempertahankannya.

Jurus-jurus kunciannya akan melegenda. Tindak-tanduknya di dalam dan di luar lapangan, bakal selalu jadi panutan.

(aff/krs)