detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Feb 2021 23:19 WIB

Indonesia Finis Tiga Besar di Kejuaraan Catur Dunia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
PTP Multipurpose ikut kejuaraan catur antarkorporasi sedunia PTP Multipurpose finis tigas besar di kejuaraan dunia catur antarkorporasi (dok.PTP Multipurpose)
Jakarta -

Indonesia mencatatkan prestasi apik pada kejuaraan catur dunia bertajuk FIDE Online World Corporate Chess Championship 2021. Merah-Putih finis peringkat ketiga.

Untuk diketahui World Corporate Chess Championship adalah turnamen catur yang dihelat oleh Federasi Catur Dunia (FIDE) untuk perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Ada total 284 perusahaan dari 78 negara, termasuk Indonesia.

Indonesia diwakili oleh PTP Multipurpose, anak perusahaan dari PT Pelindo II, yang mengurus pelabuhan Tanjung Priok. Karena ada pandemi virus corona, ajang catur ini harus dihelat secara virtual melalui zoom dan live melalui website Chess.com serta youtube chesscom.

Sebanyak 204 pecatur dengan gelar berpartisipasi di kompetisi ini termasuk 36 GrandMaster (GM), dua di antaranya adalah juara dunia catur ternama Magnus Carlsen yang mewakili sponsornya, Kindred, serta Anton Korobov, pecatur peringkat kelima di ajang rapid chess, yang mewakili Sberbank Trade Union asal Rusia.

PTP Multipurpose ikut kejuaraan catur antarkorporasi seduniaPTP Multipurpose ikut kejuaraan catur antarkorporasi sedunia Foto: dok.PTP Multipurpose

Para GM dan Master International bisa bermain karena setiap tim diperbolehkan mempunyai satu pemain dengan rating FIDE di atas 2.500 dan satu pemain yang tak bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, setiap pemain wajib menurunkan setidaknya satu pemain wanita dan satu pemain pria.

PTP Multipurpose harus bersaing dengan banyak perusahaan terkenal seperti Amazon, Twitter, American Express, Deloitte, Air BnB California, dan lainnya. PTP Multipurpose mengirim wakilnya dengan tujuan untuk ajang ujicoba dan latih tanding tim PTP Chess Warriors dengan para grand master dan master internasional.

Selain untuk meraih prestasi di bidang olahraga, perusahaan yang bergerak di bidang terminal multipurpose itu juga menjadikan kejuaraan ini sebagai kesempatan memperoleh kerjasama bisnis dengan perusahaan ternama dunia.

Selama turnamen berlangsung, PTP Multipurpose yang menurunkan enam pecaturnya berkumpul di Hotel Bigland Sentul. Tim ini dimanajeri oleh Rachmat Hidayat selaku VP Sumber Daya Manusia PTP Multipurpose dan juga didukun glangsung oleh Direktur Utamanya Drajat Sulistyo.

PTP Multipurpose ikut kejuaraan catur antarkorporasi seduniaPTP Multipurpose ikut kejuaraan catur antarkorporasi sedunia Foto: dok.PTP Multipurpose

Indonesia akhirnya masuk ke semifinal sebelum dikalahkan oleh Grenke Bank yang akhirnya jadi juara. Grenke Bank asal Jerman mengalahkan Sberbank di final.

"Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa dan membanggakan untuk PTP Chess Club yang berhasil meraih juara 3 dunia. Selamat teman-teman, kami sangat bangga dan akan selalu support" ujar Drajat dalam rilis kepada detikSport.

Anggota tim PTP Chess Warriors:

1. Muhammad Lutfi Ali, Master International
2. Masruri Rahman, Master Fide
3. Yansen Kawatu, Master Nasional
4. Gelar Sagara Dwitama, Master Nasional
5. Farid Firmansyah,Master International
6. Chelsie Monica Sihite, Woman Master International

Simak juga video 'Gadis Cilik Indonesia Jadi Juara Dunia Catur':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com