detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 09 Mar 2021 22:30 WIB

Profil Aprilia Manganang yang Dulu Eksis sebagai Pevoli Putri

Tim Detikcom - detikSport
Jakarta -

Aprilia Manganang dikenal sebagai pevoli putri top semasa kariernya. Tapi kini Aprilia adalah tentara pria berpangkat Sersan Dua di TNI Angkatan Darat.

Linimasa dibuat heboh ketika Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi soal viral perbincangan mengenai eks atlet voli perempuan Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang.

Aprilia yang dulunya atlet putri top Indonesia kini berstatus sebagai perwira TNI AD. Gayanya pun kini sudah laki banget ketika melihat akun instagramnya @Manganang92.

Andika pun coba menjelaskan bahwa Aprilia memang terlahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia. TNI AD dalam hal ini sedang membantu Aprilia dalam hal corrective surgery sebanyak dua kali. Saat ini, Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih menjalani pemulihan di RSPAD Jakarta.

Aprilia Manganang, dulu pevoli putri kini tentara priaAprilia Manganang, dulu pevoli putri kini tentara pria Foto: Instagram @manganang92

Tentu saja ini menjadi makin ramai karena semasa berkarier sebagai pevoli, tak jarang Aprilia diragukan kewanitaan oleh tim lawan baik di level nasional maupun internasional. Tapi, Aprilia selalu lolos tes kewanitaan dan tampil bersama rekan-rekannya.

Apapun kontroversi yang mengiringi kehidupannya saat ini, Aprilia tetaplah harum namanya di mata penggila bola voli Indonesia dan tentunya rekan-rekan sejawatnya.

Lahir di Tahuna, Sulawesi Utara, pada 27 April 1992, Aprilia bersama kakaknya, Amasya, memang menekuni voli sejak bangku SMP.

Memulai karier bersama Alco Bandung, Aprilia berpindah-pindah klub mulai dari Jakarta BNI 46, hingga Manokwari Valeria. Puncak kariernya adalah saat memenangi tiga gelar Proliga bersama Jakarta Elektrik PLN.

Dia menambah gelar proliganya menjadi empat saat membawa PGN Popsivo Polwan jadi juara. Aprilia juga pernah tiga kali jadi MVP pada 2016, 2017, dan 2019.

Tak cuma berkarier di dalam negeri, Aprilia juga pernah memperkuat klub Thailand Generali Supreme Chonburi E-Tech. Dia membawa klubnya itu jadi juara Thai-Denmark Super League 2019 sekaligus terpilih sebagai MVP.

Di pentas internasional, Aprilia Manganang mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015 dan 2019 serta perak SEA Games 2017, serta masuk skuat Asian Games 2018. Keputusan mengejutkan dibuat Aprilia ketika berada di puncak kariernya.

Aprilia memutuskan pensiun dari dunia voli pada Agustus 2020 atau kala pandemi virus corona menghentikan aktivitas olahraga nasional.

Kini Aprilia Manganang mengemban tugas baru sebagai tentara nasional yang siap menjaga kedaulatan negara. Sukses terus, Aprilia!

(wad/wad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com