detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 11 Mar 2021 21:10 WIB

PBVSI Soal Aprilia Manganang: Ini yang Pertama, Semoga Semua Mengerti

Mercy Raya - detikSport
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait Aprilia Manganang. Aprilia Manganang. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Aprilia Manganang telah menyatakan diri sebagai laki-laki. PP PBVSI berharap seluruh pihak bisa maklum, sebab baru pertama kali terjadi.

Selepas pensiun dari bola voli, Aprilia diumumkan sebagai laki-laki. Perubahan status Aprilia itu pertama kali diungkap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, dalam jumpa persnya Selasa (9/3/2021).

Andika menegaskan, bahwa Sersan Dua (Serda) Aprilia lahir sebagi laki-laki dengan kelainan hipospadia. TNI AD, dalam hal ini, membantu Manganang menjalani corrective surgery sebanyak dua kali.

Saat ini, Aprilia sendiri sudah menjalani operasi tahap pertama, dan masih menjalani pemulihan di RSPAD Jakarta.

Transformasi gender yang dialami Aprilia ini disebut perwakilan PBVSI Hanny Sukartty, sebagai kasus pertama. Untuk itu, ia berharap agar seluruh pihak bisa mengerti kondisi ini bukan kesengajaan.

"Ini baru pertama kali terjadi. Seluruh negara akan mempelajari dahulu. Beda kalau disembunyikan sebenarnya laki-laki dibuat seolah olah perempuan," kata Hanny dalam jumpa pers virtual, Kamis (11/3/2021).

"(Kasus) ini belum ada di negara lain. Kalaupun ada protes kita akan bicarakan. Sekarang ini April dibantu Angkatan darat. Dia itu statusnya sebagai Kowad Angkatan darat, masuk dari 2016," ujarnya.

"Kita lihat dahulu perkembangan bagaimana, kami tidak ingin berandai-andai. Mudah-mudahan semua mengerti kasus ini selesai sampai di sini," ketika ditanya apakah akan siap membela jika ada protes dari negara lain.

Sebelumnya rekan sesama pevoli, Yolla Yuliana, juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, apa yang dihadapi Aprilia selama ini ialah takdir dari Tuhan.

"Meskipun mau diapa-apain memang sudah garisannya seperti itu. Jadi mohon dimengerti lagi. Misalnya kita ada di posisi kita sama saja, serba salah juga. Mungkin netizen yang comment itu kecewa karena harapannya ingin cewek dan masih main voli lagi," katanya.

"Cuma kita lihat posisi positif dari April saja. Mungkin dia kariernya cemerlang dengan statusnya yang baru dan sebenarnya buat dia enggak ada rugi dan pengaruhnya," kata Yolla mengimbau.

Simak video 'PBVSI Buka Suara soal Status Aprilia Manganang di Tim Voli Putri':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com