detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 15 Mar 2021 21:18 WIB

Grand Master Irene Kharisma: Kasus Dewa Kipas Coreng Pecatur Indonesia

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Turnamen Catur Japfa Grand Master Internasional 2015 digelar di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Pada hari keenam, Senin, (20/04/2015) yang hanya memainkan satu babak (8), Irene Kharisma Sukandar ditantang yuniornya Muhammad Lutfi Ali. Grand Master Irene Kharisma bersuara soal kasus Dewa Kipas vs GothamChess. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Polemik kemenangan Dadang Subur (Dewa Kipas) atas IM Levy Rozman (GothamChess) ramai belakangan ini. Grand Master Wanita Irene Kharisma menyebut kasus ini mencoreng catur Indonesia.

Kasus ini bermula dari kemenangan Dewa Kipas, yang bernama asli Dadang Subur, atas International Master Levy Rozman asal Amerika Serikat. Rozman yang menggunakan nama akun GothamChess menuding Dewa Kipas curang, berujung dengan pemblokiran akun pria Indonesia tersebut oleh Chess.com.

Kejadian itu berujung dengan aksi geruduk dari netizen Indonesia. Netizen tanah air ramai-ramai membela dan menyerbu akun media sosial Rozman.

Dadang membantah melakukan kecurangan, lalu mendapatkan kesempatan untuk bicara di podcast Deddy Corbuzier. Hal ini yang kemudian mengundang sorotan dari Grand Master Wanita Irene Kharisma.

Irene menilai Deddy Corbuzier memberikan panggung untuk Dadang, namun tidak memberikan gambaran yang jernih terhadap kasus tersebut. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dalam diskusi pada Jumat (12/3/2021) lalu mengungkap anomali pada permainan Dadang Subur alias Dewa Kipas, termasuk menjelaskan algoritma kecurangan yang dipakai di Chess.com.

GM Irene Kharisma bertekad meluruskan situasi dalam kasus ini. Tak mau banyak komentar, pecatur 28 tahun itu cuma menyebut kasus Dewa Kipas ini mencoreng catur tanah air di kancah internasional.

"Saya tidak mau komentar lagi, karena memang sudah selesai, tidak ada apa-apa lagi. Apa yang saya lakukan sekarang hanya meluruskan berita saja [apa yang dilakukan Dewa Kipas] bukan hanya mencoreng Percasi, tapi kami sebagai atlet catur," kata Irene Kharisma seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (15/3).

Grand Master Irene Kharisma telah menyurati Deddy Corbuzier terkait podcast-nya dengan Dewa Kipas. Ia menyebut telah diundang untuk membahas lebih lanjut isu ini.






Simak Video "Beli Papan Catur, Dewa Kipas Siap Hadapi GM Irene Kharisma"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com