detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 19 Mar 2021 15:10 WIB

Dewa Kipas Bersiap Hadapi GM Irene Kharisma, Sudah Beli Papan Catur

Yudha Maulana - detikSport
Dadang Subur, Dewa Kipas, bersiap menghadapi GM Wanita Irene Kharisma. Dewa Kipas Bersiap Hadapi GM Irene Kharisma, Sudah Beli Papan Catur. Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung -

Dadang Subur, alias Dewa Kipas, akan melakukan pertandingan persahabatan catur lawan Grand Master Wanita Irene Kharisma. Begini persiapan Dewa Kipas.

Pertandingan itu sendiri akan digelar di studio Deddy Corbuzier di Jakarta, pada Senin (22/3/2021) mendatang. Untuk menghadapi Irene, Dewa Kipas sengaja membeli papan catur agar tak canggung saat pertandingan nanti. Pasalnya, selama beberapa tahun ke belakang pensiunan BUMN itu hanya memainkan catur online lewat aplikasi di komputer dan ponsel atau video game.

"Makanya ini papan baru beli, tadi malam gelap dan hujan. Barusan tadi beli toko olahraga, masih hangat. Mau buka sedikit-sedikit karena saya sudah delapan tahun vakum. Karena biasanya kalau main di hape atau game, itu pun juga jarang main," kata Dadang saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Pungkur, Regol, Kota Bandung, Jumat (19/3/2021).

Dalam pandangannya, Irene merupakan seorang atlet hebat yang menguasai segala jenis taktik dan permainan catur. "ELO dia lebih tinggi, Irene itu bagus. Tapi kalau pak Deddy Corbuzier yang mengajak ya sudah, enggak maksud apa-apa," ujarnya.

Soal regulasi dan variasi permainan catur yang akan dimainkan nanti, Dadang Subur mengaku belum mengetahui pastinya. Menurutnya, hal tersebut kemungkinan akan dibahas di tempat laga persahabatan itu digelar.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin, mudah-mudahan bisa mengimbangi GM Irene," ujar Dadang.

Sementara itu Deddy Corbuzier yang menjadi 'promotor' friendly match tersebut memastikan Irene siap untuk menghadapi Dewa Kipas dalam partai persahabatan tersebut. Sebelumnya, Irene sempat menolak karena belum mendapatkan izin dari Percasi dan Kemenpora.

"Akan tetap Irene sudah mendapatkan izin, dan akan hadir dan datang bertanding dalam pertandingan persahabatan dengan Dewa Kipas, alasan menolak bukan karena takut tapi lasan menolak karena belum mendapatkan izin dari instansi, karena beliau atlet dan 1000 persen siap, ini menarik sekali," katanya.

Nama Dewa Kipas mencuat di dunia catur setelah Dadang Subur meraih kemenangan atas International Master Levy Rozman asal Amerika Serikat.

Rozman, yang menggunakan nama akun GothamChess, menuding Dewa Kipas curang. Hal itu berujung dengan pemblokiran akun pria Indonesia tersebut oleh Chess.com.

Dadang Subur, yang membantah melakukan kecurangan, mendapatkan kesempatan untuk bicara di podcast Deddy Corbuzier. Hal ini yang kemudian mengundang sorotan dari Grand Master Wanita Irene Kharisma, membuat nama Dewa Kipas jadi topik yang ramai dibahas belakangan ini.

Lihat juga video 'Gadis Cilik Indonesia Jadi Juara Dunia Catur':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com