detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Mar 2021 20:09 WIB

Tak Kapok Main di Chess.com, Dewa Kipas Ganti Identitas

Mercy Raya - detikSport
Dadang Subur, Dewa Kipas, bersiap menghadapi GM Wanita Irene Kharisma. Dadang Subur tak akan menggunakan nama dewa kipas di Chess.com. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Dewa Kipas alias Dadang Subur akan berganti identitas saat bermain di Chess.com. Ia tak kapok meskipun sempat viral karena dituduh bermain curang.

Nama Dewa Kipas ramai menjadi perbincangan publik karena diduga bermain curang sehingga bisa menang atas Gotham Chess alias International Master (IMI) Levy Rozman di pertandingan catur daring di Chess.com.

Atas kejadian itu, Irene Kharisma Sukandar, ikut mengomentari dan bahkan sampai menulis surat terbuka dengam tembusan ke sejumlah pejabat terkait seperti Kemenpora, KONI, KOI, dan Percasi di laman medsosnya. Dewa Kipas dinilai mencoreng nama baik dunia catur Indonesia.

Atas peristiwa itu, Deddy Corbuzier memfasilitasi duel antara Dewa Kipas dengan Irene Kharisma Sukandar yang berlangsung Senin (22/3/2021). Hasilnya, Dewa Kipas kalah telak 0-3 dari Irene.

"Enggak (kapok). Justru saya mau main (online lagi) tapi ngumpet (sembunyi-sembunyi). Jangan ketahuan," kata Dadang saat ditemui pewarta di kawasan Pantai Indah Kapuk, Selasa (23/3/2021).

Hanya memang, sebut dia, tidak lagi menggunakan nama bekennya Dewa Kipas. "Enggak pake nama itu lagi. Sudah ganti identitas tapi saya tak bisa kasih tahu," ujarnya.

"Ke depan juga saya tidak akan main seperti sebelumnya. Maksudnya main sekali atau tiga kali saja. Kalau dulu kan saya main catur bisa seharian penuh sampai istri suka marah karena main terus," ia menambahkan.

Diketahui nama Dewa Kipas sendiri merupakan pemberian dari rekannya yang merupakan seorang pengusaha. Nama itu berawal saat ia masih bertugas di Singkawang, Kalimantan Barat.

Tak sekadar menjadi karyawan, Dewa Kipas juga aktif dalam kegiatan olahraga tenis meja dan kerap menjadi juara. Oleh sebab catatan prestasi itu, ia akhirnya diberikan nama Dewa Kipas oleh rekannya.

"Saya itu dua kali mengalahkan pemain-pemain bagus. Pas ada lomba se-Kalbar (Porprov 2006), begitu lawannya berat bisa saya kalahkan, ada pemain pingpong unggulan, bisa dikalahkan," kata Dewa Kipas beberapa waktu lalu.

"Coba pak Dadang lihat lihat bat-nya, kata dia. Inilah si Dewa Kipas, katanya," tambahnya.



Simak Video "Beli Papan Catur, Dewa Kipas Siap Hadapi GM Irene Kharisma"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com