detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Mar 2021 23:06 WIB

ISSOM 2021 Dimulai, Ayah-Anak Ini Menangi Seri Pembuka

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Alvin-Avila Bahar dari Honda Racing Team menangi seri pertama ISSOM 2021 Alvin Bahar (kiri) dan Avila Bahar (kanan), duet bapak-anak di ISSOM 2021 (dok.Honda Racing Team)
Sentul -

Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 akhirnya dimulai juga. Duet bapak-anak, Alvin dan Avila Bahar, langsung menjuarai dua kelas berbeda.

ISSOM sejatinya digelar rutin setiap tahunnya oleh pengelola sirkuit internasional Sentul dan ABM Enterprise. Tapi, pandemi virus corona membuat ISSOM benar-benar mati suri sepanjang tahun lalu.

Nah, dengan kondisi yang lebih memungkinkan tahun ini, ISSOM akhirnya dihelat lagi meski kelasnya tak sebanyak biasanya. Untuk seri pertama dihelat, Minggu (28/3/2021) sore WIB kemarin.

Yang mencuat di seri pertama adalah duet pebalap bapak dan anak, Alvin Bahar dan Avila Bahar. Alvin dan Avila turun di kelas berbeda pada seri pembuka ini.

Alvin Bahar, yang merupakan pebalap senior di tim Honda Racing, menjuarai putaran pertama kelas Kejurnas ITCR 1.600 Max.

"Gembiranya luar biasa. Tahun sebelumnya kami terus melakukan improve dan yakin tahun ini progresnya akan sangat bagus dan itu terbukti sejak seri pembuka," kata Alvin yang merupakan pembalap nasional dengan sembilan gelar juara nasional dalam keterangannya kepada media, Selasa (30/3/2021).

Alvin-Avila Bahar dari Honda Racing Team menangi seri pertama ISSOM 2021Alvin-Avila Bahar dari Honda Racing Team menangi seri pertama ISSOM 2021 Foto: dok.Honda Racing Indonesia

"Memang di awal-awal masa pandemi saya justru banyak berkutat dengan mobil, mencari kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi," sambungnya.

Yang lebih menggembirakan untuk Alvin adalah anaknya Avila berada satu tim dengannya, Honda Racing, untuk tampil di kelas ITCR 1500. Dua musim lalu, Avila membalap untuk ABM Motorsport.

Avila, 18 tahun, tampil luar biasa di seri perdana ini dengan mengalahkan pebalap senior Fitra Eri dengan catatan waktu 23 menit 51 detik. Fitra di posisi kedua punya 23 menit 54 detik dan posisi ketiga diisi M. Andri dengan 24 menit 7 detik.

Avila berharap dia bisa tampil lebih baik di seri kedua dengan mobil yang tentunya lebih kencang.

"Senang sekali bisa juara di balapan pertama bersama tim Honda Racing. Ini jadi kebanggaan tersendiri dan pemicu buat saya untuk lebih semangat lagi di putaran berikut," tutur Avila.

Balapan putaran awal ISSOM ini dalam pengawalan protokol kesehatan yang sangat ketat, karena semua pembalap diwajibkan mengikuti Swab Antigen sebelum memasuki Sirkuit dan bermasker. Tidak ada penonton dan juga awak media yang diperkenankan hadir di sirkuit.

"Kami mohon maaf kepada media dan penonton karena kami tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Lola Moenek selaku General Manager Sirkuit Internasional Sentul.



Simak Video "Marc Marquez Ngegas Lagi di MotoGP Portugal!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com