detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 31 Mar 2021 12:25 WIB

Irene Kharisma Vs GothamChess, Ini Prediksi PB Percasi

Mercy Raya - detikSport
Turnamen Catur Japfa Grand Master Internasional 2015 digelar di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Pada hari keenam, Senin, (20/04/2015) yang hanya memainkan satu babak (8), Irene Kharisma Sukandar ditantang yuniornya Muhammad Lutfi Ali. Irene Kharisma Sukandar akan melawan Levy Rozman alias Gothamchess, ini kata PB Percasi. (Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Women Grand Masters (WGM) Irene Kharisma Sukandar akan menjalani duel dengan Levy Rozman alias GothamChess nanti malam. PB Percasi mengunggulkan Irene.

Duel catur Irene dengan Levy akan berlangsung Rabu (31/3/2021) pukul 22.00. Pertandingan bertajuk Blitz battle ini akan disiarkan streaming di akun Twitch.tv/GothamChess dan Twitch.tv/irenesukandar.

PB Percasi, melalui Kepala bidang Pembinaan Prestasi Percasi, Kristianus Liem, menyambut positif pertandingan tersebut dan dia memprediksi duel akan berjalan ramai. Menukil rating International Chess Federation (FIDE), rating Blitz Levy Rozman saat ini 2.376, sementara Irene ratingnya 2.313.

"Mereka kan gelarnya sama. Irene sudah Internasional Master, hanya satu tingkat di bawah Grand Master. Si GothamChess juga demikian, ratingnya mirip 2.300 lebih sedikit, jadi saya pikir pasti menarik," kata Kris kepada detikSport, Rabu (31/3/2021).

Apalagi, sebut Kris, dua pecatur internasional ini ada hubungannya dengan viralnya Dewa Kipas alias Dadang Subur kemarin. GothamChess dikalahkan Dewa Kipas, dan menuding lawannya tersebut bermain curang karena bisa merebut banyak kemenangan beruntun. Total, Dewa Kipas bisa menang 26 kali beruntun dan membuat peringkatnya melonjak.

Dalam kesempatan berbeda, Irene, yang menuding Dewa Kipas memang mencurigakan, akhirnya dipertemukan dalam sebuah duel di Podcast Deddy Corbuzier. Hasilnya, Irene menang telak 3-0 atas Dewa Kipas.

"Ya menarik pasti. Banyak yang ingin tahu dan Irene memang terakhir ini mulai streaming. Jadi ini biasa lah pertarungan antara dua streamer. Cuma kaitannya dengan Indonesia, karena Irene merupakan pecatur Indonesia jadi tontonan bakal ramai," ujarnya.

Lantas siapa yang diunggulkan PB Percasi?

"Karena GothamChess pernah kalah sampai tujuh orang, salah satunya anak murid berusia 10-11 tahun, maka saya mengunggulkan Irene. Sebab, dia cukup stabil dan latihannya teratur," Kris mengungkapkan.

"Dia juga selalu mengikuti perkembangan teori catur, nonton kalau ada pertandingan besar, dia juga punya passion dan dedikasi sehingga levelnya cukup stabil."

Meski begitu, Kris menilai, ada faktor kelemahan Irene yang harus diantisipasi pada duel malam nanti. "Irene belum biasa main sambil streaming. Masih kagok. Itu kan kosentrasi bicara dan main, mungkin itu kekurangan Irene. Sementara kalau GothamChess itu sudah biasa, jadi tidak terlalu pengaruh walau main sambil bicara. Itu kelebihannya GothamChess,' dia menjelaskan.

"Kalau teknisnya saya baru sekali melihat permainan GothamChess, jadi kelemahan dan kelebihannya belum bisa saya gambarkan. Tapi pertarungan pasti ketat dan berimbang," kata Kris.

Lihat Video: GothamChess vs Irene Sukandar Malam Ini, Dukung Siapa?

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com