Saat Irene Vs GothamChess, Dewa Kipas Malah Main Catur Sendiri

Yudha Maulana - Sport
Kamis, 01 Apr 2021 13:15 WIB
Dadang Subur, Dewa Kipas, bersiap menghadapi GM Wanita Irene Kharisma.
Saat Irene Vs GothamChess, Dewa Kipas Malah Main Catur Sendiri. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Dewa Kipas, alias Dadang Subur, awalnya antusias memantau partai Irene Kharisma Sukandar Vs GothamChess. Tapi akhirnya ia malah mengabaikan tayangan dan main catur sendiri.

Partai Woman Grandmaster (WGM) Irene Kharisma Sukandar Vs International Master (IM) Levy Rozman, alias GothamChess berlangsung secara daring pada Rabu (31/3/2021) malam WIB.

Pertandingan dengan format Catur 960 itu pada prosesnya berakhir imbang. Kedua pecatur saling merebut poin demi poin sampai akhirnya bermain imbang 2-2.

Banner Irene Vs GothamChess

GothamChess unggul lebih dulu, sebelum disamakan oleh Irene. Begitu pula halnya dengan di partai ketiga dan keempat. Hasil di partai-partai itu sendiri banyak dipengaruhi oleh habisnya waktu kedua pecatur.

Duel Irene Kharisma Sukandar Vs GothamChess sendiri berlangsung dengan santai. Keduanya pun asyik mengobrol setelahnya, dengan membahas permainan masing-masing.

Sebelum partai tersebut, Dewa Kipas sempat memberikan prediksinya. Apalagi kedua pecatur tersebut baru-baru ini ia hadapi pada kesempatan-kesempatan berbeda.

Namun, saat mengetahui format yang dipergunakan dalam partai Irene Vs GothamChess, antusiasme Dadang Subur berkurang drastis. Bahkan pada akhirnya ia malah asyik main catur sendiri.

"Mainnya Chess 960, jadi enggak seru ditonton. Maunya catur yang normal aja. Mainnya cuma 3 menit pula, jadi kemampuan masing-masing pemain enggak terlalu kelihatan," kata Dadang saat dihubungi detikcom, Kamis (1/4).

"Akhirnya malah main catur sendirian. Videonya tetap nyala, walau enggak ditonton," kata si Dewa Kipas, menyoal partai Irene Kharisma Sukandar Vs GothamChess yang ditayangkan secara live streaming tersebut.

Catur 960 sendiri diperkenalkan oleh Grandmaster Bobby Fischer (Fischer Random Chess). Pertandingan catur jenis ini berbeda dari catur biasa. Dalam catur 960, buah catur ditaruh acak. Posisi Raja, Menteri, Gajah, Kuda, dan benteng akan ditaruh acak, sementara pion tetap berbaris di depan.

Simak juga video 'KuTips: Trik Jago Main Catur Buat Pemula':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/krs)