Percasi: Duel Irene Vs GothamChess Seru untuk Pecatur, Tapi...

Mercy Raya - Sport
Kamis, 01 Apr 2021 21:35 WIB
irene kharisma sukandar levy rozman gothamchess catur
Percasi: Duel Irene Vs GothamChess Seru untuk Pecatur, Tapi... (Screenshot Twitch/irenesukandar)
Jakarta -

Duel Grand Master Women (GMW) Irene Kharisma Sukandar melawan Internasional Master GothamChess alias Levy Rozman antiklimaks. Meskipun begitu tetap seru untuk ditonton bagi pecatur.

Hal itu disampaikan Kepala bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem. Sebab, konsep Chess 960 yang diterapkan sejatinya tak memperlihatkan teknik-teknik seperti permainan catur pada umumnya.

"Mainnya bukan catur biasa, tapi random chess, jadi tak kelihatan teknik-teknik seperti biasa. Susah diukur kekuatannya seperti apa karena buat susunan caturnya itu beda," kata Kris kepada detikSport, Kamis (1/4/2021).

"Tapi tetap seru untuk pecatur cuma kalau fokusnya ke taktis ya enggak kelihatan," ujarnya.

Menurut Kris, permainan catur 960 sejatinya bukan kali pertama dimainkan oleh Irene. Pada SEA Games 2013 Myanmar bahkan Indonesia mampu meraih medali emas di nomor tersebut lewat Grand Master Susanto Megaranto.

Sedangkan di SEA Games Filipina 2019 hanya dijadikan eksibisi, meskipun Indonesia juga kembali mengantongi keping emas lewat Irene.

"Memang nomor ini buat orang jemu atau yang sudah tidak bisa bersaing di nomor standar. Karena itu teorinya sudah dalam banget, orang yang baru mulai pasti di tahap pembukaannya kalah terus. Sistem dan mainnya sama cuma buah di baris terakhir itu susunannya beda. Ada 960 susunan makanya namanya sesuai itu," dia menjelaskan.

"Jadi mainnya tak lagi pakai teori. Mainnya sekadar saja, seperti orang zaman dulu sebelum ketemu teori, tapi ternyata Irene mainnya imbang juga melawan GothamChess," tambahnya.

Meskipun begitu, sebut Kris, pertandingan-pertandingan itu memberikan penyegaran buat Irene secara psikologis. "Karena hampir setiap hari begitu-begitu saja pertandingannya. Jadi sesekali bikin variasi bagus juga. Itu bikin fresh," ujarnya

"Selain itu, kegiatan dan momentum kebangkitan catur ini semoga ini berjalan panjang dan kayaknya ini bisa kita jaga. Apalagi ke depan bakal banyak event-event catur di tahun ini, seperti PON Papua dan SEA Games 2021. Semoga kita bisa mempertahankan gelar juara umum," Kris mengharapkan.

Tonton video 'Seputar Twitch, Tempat Streaming Duel Catur GM Irene Vs GothamChess':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)