detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Apr 2021 19:00 WIB

Tarung Catur Lawan Irene Sukandar, Raffi Ahmad Diajak Imbang

Tim Detikcom - detikSport
Turnamen Catur Japfa Grand Master Internasional 2015 digelar di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Pada hari keenam, Senin, (20/04/2015) yang hanya memainkan satu babak (8), Irene Kharisma Sukandar ditantang yuniornya Muhammad Lutfi Ali. Tarung Catur Lawan Irene Sukandar, Raffi Ahmad Diajak Imbang. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Women Grandmaster (WGM), Irene Kharisma Sukandar, berhadapan dengan Raffi Ahmad dalam duel bertajuk blind chess. Pertandingan ini tuntas tanpa pemenang.

Duel Irene vs Raffi berlangsung, Minggu (4/4/2021) sore WIB. Irene bermain tanpa melihat papan catur dan berada di dalam mobil yang dikendarai Akbar Rais. Hanya Raffi yang berada di depan papan catur.

Adalah Gilang, yang berada di depan papan catur sebagai perwakilan Irene. Melalui alat komunikasi, Irene memberi arahan kepada Gilang untuk menjalankan buah catur.

Dalam komunikasi tersebut, Irene cuma menyebut kode langkah atau notasi. Langkah pertama dibuka dengan menggerakkan pion ke kotak e4. Di sisi lain, Raffi menjalankan pion ke e6.

Permainan ini tidaklah mudah untuk Irene. Selain tak melihat papan catur, dia juga harus menghadapi bising dan pusingnya dari kendaraan yang dikemudikan Akbar secara drifting.

Pertandingan ini kurang lebih berjalan selama 18 menit. Irene menuntaskan duel dengan menawarkan hasil imbang kepada Raffi yang kemudian disambutnya dengan bahagia.

Dikarenakan tidak ada pemenang, total hadiah Rp 120 juta dibagi sama rata. Semula, pemenang blind chess bakal mengantongi Rp 100 juta dan Rp 20 juta untuk yang kalah.

Raffi tidak mengambil hadiah Rp 60 juta karena merasa sudah diberi hasil imbang oleh lawannya. Dia lebih memilih menyumbangkan semua uang yang didapat kepada mantan atlet catur.

Pertandingan ini juga masuk ke Museum Rekor Indonesia (MURI). Hal itu dikarenakan blind chess antara Irene vs Raffi sebagai pertandingan catur pertama yang digabungkan dengan drift mobil.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Duel Catur Dewa Kipas Vs GM Irene yang Hebohkan Jutaan Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com