MoU Anggaran Sudah, kok Pelatnas Panahan Belum Mulai?

Mercy Raya - Sport
Kamis, 08 Apr 2021 16:50 WIB
Atlet panahan Indonesia Hendra Purnama (tengah) dan Salsabila Agata Riau Ega (kanan) berjabat tangan dengan atlet panahan Myanmar Htike Lin Oo (kiri) seusai penganugerahan medali juara Panahan Recurve Individu Putra SEA Games ke-30 di Lapangan Parade Ground Clark Freeport, Filipina, Minggu (8/12/2019). Hendra Purnama berhasil meraih medali emas, Htike Lin Oo meraih medali perak dan Salsabila Agata Riau Ega meraih perunggu. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.
Ilustrasi Panahan (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta -

Cabang olahraga panahan secara simbolis sudah menerima anggaran Pelatnas Olimpiade dan SEA Games 2021. Namun, para atlet belum bisa berlatih. Kenapa?

Usai menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenpora terkait anggaran Pelatnas 2021, PP Perpani langsung memanggil 16 atletnya untuk berkumpul di Jakarta, sejak Rabu (7/4/2021).

Jumlah itu terdiri dari delapan atlet compound dan delapan atlet recurve. Mereka dipersiapkan menuju Olimpiade pada 23 Juli - 8 Agustus, dan SEA Games 2021 di Vietnam 21 November hingga 2 Desember.

Meskipun sudah dipanggil, faktanya belum semua atlet dapat berkumpul pada waktu yang direncanakan. Dari 22 orang terdiri atlet dan pelatih baru 11 orang yang tergabung.

"Belum semua berkumpul. Atlet yang belum datang di antaranya dari Jawa Timur (Riau Ega Agata Salsabila dan Diananda Choirunisa) karena mereka ASN (Aparatur Sipil Negara) jadi butuh izin untuk meninggalkan pekerjaan," kata manajer tim panahan M. Ikhsan Ingratubun, kepada detikSport, Kamis (8/4/2021).

"Tapi kami sudah surati Kemenpora meminta dispensasi untuk yang bersangkutan. Begitu pula dengan pelatihnya, Lilies Handayani, perlu izin dari Guberbur jadi mungkin bergabung sekitar 20 April. Mudah-mudahan bisa lebih cepat nanti," ujarnya.

Selain karena terganjal dengan administrasi, faktanya lapangan latihan panahan di Gelora Bung Karno juga sedang digunakan untuk acara lain, Kartini Open 2021.

"Iya, jadi lapangan panahan dipakai buat Kartini Open mulai 9 sampai 11 April, makanya saya berencana untuk membawa atlet latihan di lapangan panahan Depok pada Sabtu-Minggu ini. Setelah itu baru kembali latihan ke GBK," dia menjelaskan.

"Jadi ini untuk antisipasi saja. Artinya kalau sekarang atlet hanya olahraga ringan saja (di hotel) supaya ototnya tetap dipelihara. Kemudian, esok harinya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan fisik atlet," ujarnya.

Berikut daftar atlet panahan:

Recurve Putra

Hendra Purnama
Arif Dwi Pangestu
Muhammad Hanif Wijaya
Riau Ega Agata Salsabila

Recurve Putri

Titik Kusumawardani
Linda Lestari
Rezza Octavia
Diananda Choirunisa

Compound Putra

Danang Arisanto
Baihaqi Mustafa Surya A
Deki Adika Hastian
Prima Wisnu Wardhana

Compound Putri

Indri Purwati
Rohani Sephia A
Munawarah
Sri Ranti.

(mcy/aff)