detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Apr 2021 23:01 WIB

KONI Ingin Bangun Sanitasi Modern di Venue Olahraga

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di meresmikan Shower Area berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Jumat (9/4/2021) pagi WIB. Ketum KONI Pusat Marciano Norman berharap sistem sanitasi di venue olahraga lebih baik (dok.Jamban Bersih Nusantara)
Cipularang -

Kebersihan adalah unsur penting dalam olahraga. Oleh karenanya, KONI Pusat ingin membangun sanitasi modern di seluruh venue olahraga di Tanah Air.

Hal ini dikatakan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di sela-sela kegiatan peresmian "Shower Area" berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Jumat (9/4/2021) pagi WIB.

Norman hadir menemani Direktur Utama PT Jasa Marga Related Business (JMRB) Cahyo Satrio Prakoso dan CEO PT Jawara Bersih Nusantara (Jamban.id) Rudy Wahyu.

Shower area merupakan fasilitas sanitasi berkualitas, yang aman, nyaman, dan bersih yang dihadirkan untuk pengguna jalan tol. Nantinya mereka bisa mengetahui letak toilet dan tempat mandi yang dikelola oleh Jamban.id. Fasilitas ini juga akan menerapkan sistem pembayaran non-tunai dan tanpa sentuh.

Melihat teknologi ini, Norman berharap Jamban.id bisa mengaplikasikan itu ke seluruh fasilitas olahraga di Indonesia, agar bisa menciptakan suasana yang nyaman saat berolahraga, baik untuk atlet maupun non-atlet.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di meresmikan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di meresmikan "Shower Area" berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Jumat (9/4/2021) pagi WIB. Foto: dok.Jamban Bersih Nusantara

Sebab, Norman melihat selama ini fasilitas sanitasi di venue olahraga kerap terabaikan, sehingga kondisinya mengkhawatirkan. Dengan fasilitas sanitasi yang lebih baik, Norman menilai akan berefek juga kepada performa serta prestasi atlet.

"Saya rasa pertama-tama yang ingin Jamban angkat bagaimana budaya bersihnya, sanitasinya, fokus di sanitasi yang memenuhi syarat," ujar Norman kepada wartawan.

"Itu akan sangat penting kalau ke depannya, kita bekerjasama dengan Jamban di fasilitas-fasilitas olahraga, memberikan digital sanitary seperti ini. Kemudian itu akan memudahkan pengguna, atlet, dan sebagainya. Di samping kebersihan terjaga, kebugaran terjaga juga. Insya Allah ke depan prestasi akan semakin baik," sambungnya.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di meresmikan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, di meresmikan "Shower Area" berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Jumat (9/4/2021) pagi WIB. Foto: dok.Jamban Bersih Nusantara

"Kelemahan kita semua selama ini di faktor kebersihan. Faktor kebersihan adalan kendala kita semua. Maka itu kita harus menyambut baik ada upaya dari Jamban, Jasa Marga, memberikan fasilitas ini."

"Maka dari itu KONI ke depannya mendorong agar di sini (Shower Area), siaran-siaran olahraga bisa dilihat."

Bola kini ada di tangan KONI dan juga Jamban.id terkait kapan proyek ini akan dimulai. Meski PON Papua di depan mata, KONI belum akan menerapkannya di sana. Marciano Norman menyebut fasilitas olahraga di Jabodetabek akan jadi pilot project.

"Nanti saya lihat kemungkinannya (PON 2020). Pertama fasilitas olahraga yang di Jabodetabek yang kita jadikan model dulu sebelum kita ke tempat lain."

"Nanti harus bekerja sama dulu dengan Provinsi DKI, KONI Jabar, kita jadikan dua daerah itu sebagai modelnya," tutup Norman.

(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com