detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 21 Apr 2021 16:15 WIB

Ucapan Syukur Lalu Muhammad Zohri Masuk Daftar Forbes

Mercy Raya - detikSport
Jakarta -

Sprinter nasional Lalu Muhammad Zohri bersyukur masuk dalam daftar 30 under 30 Asia Forbes 2021. Penghargaan ini memotivasinya mencetak prestasi yang lebih tinggi.

Zohri masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 bersama artis Maudy Ayunda. Ia masuk dalam dua kategori sebagai atlet di bawah usia 30 tahun yang bersinar dan spesial kategori sebagai atlet termuda.

Adapun penyertaan namanya, bukan lain karena deretan prestasinya yang sip di kancah internasional. Mulai dari juara dunia Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Finlandia nomor 100 meter putra, dia juga meraih perak di nomor estafet 4x100 di Asian Games 2018.

Selain itu, Lalu Muhammad Zohri juga membukukan catatan waktu 10,13 detik sekaligus mematahkan rekor milik Suryo Agung yang ada di angka 10,17 detik. Zohri kemudian kembali membuat gebrakan setelah berhasil menjadi atlet atletik pertama Indonesia yang mengantongi tiket di Olimpiade Tokyo.

Kepastian itu diperoleh usai menempati posisi ketiga pada Golden Grand Prix di Osaka pada 2019 dengan catatan 10,03 sekaligus mempertajam rekornya sendiri. Rentetan prestasi itu membuat Zohri menjadi salah satu spinter muda yang kini diperhitungkan di kancah internasional dan dunia.

Zohri lantas mengucapkan syukur atas apresiasi yang diberikan oleh majalah internasional yang berbasis di Amerika Serikat tersebut. Meskipun, ia sendiri tak mengetahui karakter dari media tersebut.

"Pertama saya tidak tahu apa itu majalah Forbes. Tapi saya bersyukur karena masuk majalah Forbes, apalagi majalah internasional dan mendapat kategori atlet bersinar," kata Zohri dalam video yang diterima detikSport, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, penyertaan namanya memacu dia untuk lebih berprestasi di kemudian hari "Saya tidak ada beban (dengan status itu) saya tetap semangat dan fokus ke depan. Harapan saya atlet lain atau pemuda-pemuda lain termotivasi dan berkarya," ujarnya.

Lalu Muhammad Zohri saat ini tengah disibukkan dengan persiapan menuju Olimpiade di Tokyo, pada 23 Juli - 8 Agustus mendatang. Ia menjelaskan kondisinya sudah dalam keadaan baik.

Lalu Muhammad ZohriLalu Muhammad Zohri (dok PB PASI)

Sebelumnya, Zohri sempat mengalami cedera lutut kanan saat kembali ke daerahnya di Lombok. Dia pulang kampung setelah PB PASI memulangkan seluruh atlet pelatnas ke daerah masing-maing untuk mengantisipasi virus Corona di Jakarta, pada Maret 2020.

Sayangnya, kepulangan Zohri ke daerahnya tak terpantau dengan baik. Federasi dan pelatih yang tahunya Zohri baik-baik saja di kampung rupanya mengalami cedera pada bagian kakinya. Dia kemudian diputuskan naik meja operasi pada awal Oktober dengan proses pemulihan yang cukup cepat.

"Cedera sudah sembuh 100 persen. Persiapan olimpiade, harus tetap semangat dan persiapan ke depan, dan semoga masyarakat Indonesia mendoakan saya untuk mendapat prestasi terbaik," ucap dia.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com