detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Apr 2021 17:41 WIB

Lalu Muhammad Zohri Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021

Muhammad Robbani - detikSport
Jakarta -

Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia. Ada juga Maudy Ayunda dari Indonesia yang bersanding dengan Zohri.

Forbes adalah majalah yang berbasis di Amerika Serikat dan dikenal sering merilis daftar orang-orang terkaya di dunia. Tak hanya itu, Forbes juga kerap merilis orang-orang berprestasi.

Nah, dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia atau 'daftar 30 orang di bawah usia 30 tahun di Asia', Zohri bersama Maudy Ayunda turut disertakan. Prestasi Zohri yang begitu fenomenal menjadi alasan Forbes menyertakan nama pemenang medali emas nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018.

Zohri juga ikut serta dalam keberhasilan Indonesia meraih perak di nomor estafet 4x100 meter di Asian Games. Zohri juga berhasil merebut medali perak di Kejuaraan Asia di Doha pada 2019.

Indonesia's Lalu Muhammad Zohri competes in a heat of the men's 100m athletics event during the 2018 Asian Games in Jakarta on August 25, 2018. / AFP PHOTO / Jewel SAMADLalu Muhammad Zohri (Jewel Samad/AFP Photo)

Di Doha, Lalu Muhammad Zohri membukukan catatan waktu 10,13 detik sekaligus mematahkan rekor milik Suryo Agung yang ada di angka 10,17 detik. Zohri pun berhak atas tiket untuk berlaga di Olimpiade Tokyo setelah menempati posisi ketiga pada Golden Grand Prix di Osaka pada 2019 dengan catatan 10,03 sekaligus mempertajam rekornya sendiri.

"Disebut sebagai 'orang tercepat di Asia Tenggara' sang atlet sprinter mencetak rekor Indonesia atas catatan 10.13 detik dalam lari 100 meter di 2019 untuk mendapatkan medali perak pada ajang Asian Athletics Championships in Qatar," tulis Forbes dalam profil Zohri di daftar itu.

Sementara Maudy Ayunda yang baru 26 tahun dianggap sangat berprestasi untuk ukuran usianya. Sumbangsihnya buat masyarakat juga diapresiasi Forbes.

"Dengan tiga album yang sudah dibuatnya, Ayunda dianugerahi gelar 'Female Singer of the Year' dan dipilih Disney untuk menyanyikan lagu Indonesia untuk film 'Moana," tulis Forbes di profil Maudy Ayunda.

Lalu Muhammad Zohri dan Maudy Ayunda bukan anak muda pertama yang masuk daftar Forbes. Sebelumnya sudah ada ganda putra bulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon serta atlet panjang tebing Aries Susanti.

Kevin/Marcus masuk daftar Forbes 30 under 30 Asia atas prestasinya sepanjang 2020. Sementara Aries Susanti pada 2019 atas prestasinya meraih medali emas Asian Games 2018.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com