detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Mei 2021 04:55 WIB

Pelatih Minta Lalu Zohri Tak Ngotot di Test Event Olimpiade

Mercy Raya - detikSport
Indonesias Lalu Muhammad Zohri competes in a heat of the mens 100m athletics event during the 2018 Asian Games in Jakarta on August 25, 2018. / AFP PHOTO / Jewel SAMAD Lalu Muhammad Zohri akan tampil di test event Olimpiade (Foto: Jewel Samad/AFP Photo)
Jakarta -

Pelatih lari jarak pendek, Eni Nuraini, meminta Lalu Muhammad Zohri untuk sedikit meredam ambisi berlari di bawah 10 detik di test event Olimpiade. Kenapa?

Zohri akan menjalani pertandingan uji coba Olimpiade pada 9 Mei mendatang. Perlombaan yang akan dihelat di Olympic Stadium, Tokyo, itu bakal menjadi penanda comeback-nya Zohri di kejuaraan atletik.

Sebelumnya, ia selalu gagal berlari imbas pandemi COVID-19. Terakhir kali, ia tampil di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, Qatar. Zohri terhenti di babak penyisihan, setelah hanya mampu mencatatkan waktu 10,36 detik.

Karena akan kembali mengikuti kejuaraan, Zohri berambisi untuk bisa meraih hasil terbaik. Tak tanggung, ia mematok target berlari di bawah 10 detik.

Target Zohri lantas direspons oleh pelatihnya, Eni Nuraini. "Ya, kita sudah kasih tahu Zohri, jangan terlalu ngotot. Semaksimalnya saat dia sekarang saja," kata Eni di Stadion Madya, GBK, Senin (3/5/2021).

"Jangan membahayakan diri sendiri lah. Khawatirnya cedera lagi jika terlalu memaksa. Jadi dia harus bisa menjaga. Dia harus bisa meredam kengototannya," ujarnya.

Eni mengutarakan hal itu bukan tanpa pertimbangan. Ia tak ingin peak perfomance Zohri di Olimpiade lewat. "Sejauh ini dia siap dan menerima," ungkap Eni.

Pelatih atletik terbaik Asia 2018 ini sekaligus menjelaskan persiapan Zohri menuju test event sudah bagus, bahkan sudah kembali seperti sebelum ia terkena cedera. Zohri sempat terkena cedera lutut kanan dan naik meja operasi pada awal Oktober 2020.

"Progresnya Zohri bagus setelah kembali dari cedera. Dalam latihan terakhir, kami lihat dari stopwatch memang sudah kembali sebelum cedera. Seperti 60 meternya kami test, itu sudah nembus catatan waktunya 6,63 detik. Lalu kemarin 100 meter flying itu sudah 9,56 detik. Kalau pakai startblock (catatan waktunya) bisa tembus 10 kecil, karena terbaiknya kan 10,03 detik," dia menjelaskan.

"Tapi dengan masih ada waktu tiga bulan (menuju Olimpiade) saya kira bisa. Kita lihat saja hasil besok di test event seperti apa," Eni memungkasi.

Tonton juga Video: Kata Zohri Usai Masuk Majalah Forbes

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com