Jelang SEA Games 2021, Tuan Rumah Sosialisasi Prokes COVID-19

Mercy Raya - Sport
Rabu, 19 Mei 2021 16:10 WIB
Upacara penutupan SEA Games 2019 dilaksanakan di New Clark Stadium, Filipina, Rabu (11/12/2019) malam. Dalam acara penutupan ini juga dilakukan penyerahan estafet Sea Games 2021 ke Vietnam.
Panitia SEA Games 2021 mulai menyosialisasikan protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Tuan rumah penyelenggara SEA Games 2021 Hanoi mulai menyosialisasikan protokol kesehatan COVID-19. Salah satunya terkait kewajiban karantina 14 hari di negara masing-masing.

Aturan itu disampaikan Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari usai melakukan rapat virtual South East Asian Games Federation (SEAGF) Council bersama panitia penyelenggara SEA Games Hanoi serta NOC negara-negara Asia Tenggara, pada Selasa (18/5/2021)

"Rapat tadi mengumumkan karantina atlet SEA Games dilakukan di negara masing-masing selama 14 hari. Tanggung jawab diberikan kepada NOC terkait, khususnya dalam mengontrol dan memastikan atlet telah divaksin dan melakukan tes PCR sebelum berangkat dan tiba di sana," kata Okto, dalam keterangan tertulisnya.

Okto mengatakan akan menindaklanjuti informasi tersebut dengan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 dan federasi olahraga nasional terkait. Koordinasi ini penting guna memastikan kelancaran persiapan atlet Indonesia menuju SEA Games Hanoi.

"Jadi kami perlu memastikan bahwa atlet selamat dari COVID-19 sebelum berangkat, tetapi juga tidak menghilangkan kewajiban serta kebutuhan atlet untuk berlatih," ujarnya.

Selain itu, Okto dan perwakilan NOC dari negara lain juga melaporkan situasi terkini terkait penyebaran COVID-19. Mayoritas negara-negara di ASEAN mengutarakan virus Corona masih menjadi perhatian serius.

"Kami menyampaikan bahwa Indonesia concern terhadap penyebaran COVID-19 dan pemerintah Indonesia telah sukses melakukan penekanan yang memberi semangat positif terhadap prestasi olahraga sehingga kiblatnya nanti adalah menyiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Okto.

"Semoga perjuangan kita dalam situasi extraordinary ini bisa membuat Indonesia berprestasi di SEA Games Hanoi. Insya Allah Indonesia menjadi negara pemenang," dia mengharapkan.

SEA Games Hanoi dijadwalkan berlangsung pada 20 November- 2 Desember. Penyelenggaraan pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara edisi ke-31 ini akan mempertandingkan 520 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.



Simak Video "Kasus Corona Mingguan RI Meningkat 38%, Ini Penyumbangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)