Dorong Sports Tourism, Gibran Berencana Gelar Piala Wali Kota

Bayu Ardi Isnanto - Sport
Jumat, 21 Mei 2021 01:05 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (10/5/2021).
Gibran Rakabuming Raka akan berencana menggelar Piala Wali Kota untuk mendorong Sports Tourism di Solo. (Foto: detikcom/Bayu Ardi Isnanto)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana untuk menggelar Piala Wali Kota. Gagasan itu untuk mendorong Sports Tourism di wilayahnya.

Kota Solo kini ingin mengembangkan pariwisata di sektor olahraga dan kesehatan. Meski demikian, budaya tatap akan menjadi prioritas Gibran.

"Di Solo banyak yang kita kembangkan. Budaya jadi prioritas. Kita paparkan and wellness tourism yang jadi sektor baru," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, Solo memiliki fasilitas olahraga dan kesehatan yang mumpuni, sehingga layak untuk pengembangan wisata olahraga. Apalagi, Solo dianggap sukses menggelar Piala Menpora 2021.

"Venue olahraga banyak sekali. Kita kemarin sukses jadi tuan rumah Piala Menpora. Nanti ada Liga 1 dan Liga 2. Sebelum itu kita akan gelar Piala Wali Kota," kata Gibran.

Piala Wali Kota, kata Gibran, akan diikuti tim-tim unggulan Liga Indonesia. Selain sebagai piala pramusim, Piala Wali Kota diyakini mampu mendongkrak perekonomian Kota Solo.

"Ke depan kita genjot lagi. Dari dulu length of stay pendek sekali. Kita pastikan semua orang betah di sini. Saya yakin yang namanya masalah ekonomi dan kesehatan jalan paralel," katanya.

Ditanya soal waktu pelaksanaan, Gibran belum bisa memastikan. Namun dirinya mengaku tetap akan melihat tingkat kasus COVID-19 di Solo sebelum menggelar kegiatan pariwisata dan olahraga.

"Saya belum pastikan detailnya. Nanti kita lihat situasi pandemi COVID-19 di Solo juga," kata Gibran.



Simak Video "Gibran Perintahkan Tracing di Kampung Jokowi Diperluas!"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/cas)