World Superbike 2021 Indonesia: Sistem Bubble, Peserta Wajib Vaksin

Mercy Raya - Sport
Kamis, 03 Jun 2021 12:15 WIB
Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika akan menggelar World Superbike 2021 Indonesia. Foto: (Wisnu/20detik)
Jakarta -

Jelang akhir tahun, ada World Superbike 2021 Indonesia di Mandalika. Di ajang yang menerapkan sistem bubble itu, peserta wajib vaksinasi COVID-19.

Adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menjelaskan perihal persyaratan tersebut. Setelah memastikan World Superbike 2021 Indonesia akan berlangsung pada seri ke-11 dari 13 seri pada 12-14 November 2021, balapan juga akan menerapkan sistem gelembung alias bubble.

"World Superbike merupakan ajang bergengsi yang akan menjadi menjadi pendahuluan sebelum MotoGP yang akan diselenggarakan Maret 2022," kata Sandiaga dalam jumpa persnya.

World Superbike 2021 Indonesia rencananya akan melibatkan 28 atlet manca negara. Untuk itu, para atlet diwajibkan hadir lima hari sebelum latihan dengan status sudah divaksinasi COVID-19. Adapun vaksinasinya harus yang disetujui Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sandiaga juga meminta setiap peserta yang datang ke ajang tersebut harus melakukan tes PCR lebih dulu. "Para atalet akan dilakukan tes secara rutin setelah kedatangan pada saat karantina," ujarnya.

Tak hanya atlet, para penonton juga bakal diperlakukan hal yang sama. Apalagi diperkirakan akan ada 20 ribu penonton yang berpotensi hadir menonton acara tersebut tiap harinya.

"Namun arahan dari Bapak Presiden (Joko Widodo) walau antusiasme tinggi dari masyarakat, penyelenggaraan harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin baik atlet dan ofisial, maupun kru, serta penonton," ujarnya.

Ia lantas berharap penerapan sistem bubble pada penyelenggaraan World Superbike 2021 Indonesia ini akan menjadi pintu masuk dalam mempromosikan Indonesia.

"Kami harapkan ini bisa menjadi event internasional yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia dapat menyelenggarakan event besar olahraga berskala internasional dengan mengacu kepada protokol kesehatan ketat," ujarnya.

"Kami juga berharap ajang ini dapat menunjukkan kepada event-event lain bahwa kita siap. Dan COVID-19 memaksa kita untuk beradaptasi dan ini kami lakukan dengan penuh konsekuensi dan totalitas untuk memastikan pengendalian dari COVID-19. Terakhir kami harapkan ini bisa menggeliatkan kembali baik perekonomian maupun pariwisata dalam bibgkai COVID-19," Sandiaga mengharapkan.

Lihat Video: Kapasitas Penonton World Superbike Diputuskan Pada November 2021

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)