SEA Games 2021 Ditunda? Menpora Tegaskan Belum Ada Pengumuman Resmi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 08 Jun 2021 19:50 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainuddin Amali mengomentari rumor SEA Games 2021 ditunda. (Foto: dok. Kemenpora)
Jakarta -

SEA Games 2021, yang rencananya dihelat di Hanoi, Vietnam, kabarnya terancam ditunda imbas lonjakan kasus COVID-19. Menpora Zainudin Amali berharap itu tak terjadi.

Kabar multiajang dua tahunan itu kemungkinan besar ditunda dari pemberitaan vietnamnet.vn. Dijelaskan media tersebut, Vietnam akan menemui tantangan besar ketika menyelenggarakan multievent tersebut karena kasus COVID-19 yang menyebar di negara dan kawasan tersebut.

Bahkan, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menyampaikan rencana penyelenggaraan SEA Games berdasarkan kondisi terkini. Dengan begitu, pemerintahnya akan mempertimbangkan apakah acara tersebut dapat digelar atau tidak.

Amali mengatakan telah mengetahui kabar tersebut tapi ia memastikan bahwa SEA Games tetap berjalan sesuai rencana. "Enggak ada. Tidak ada penundaan SEA Games 2021. Tidak ada statement Vietnam seperti itu," kata Menpora Amali di kantor Kemenpora, Selasa (8/6/2021).

"Saya juga telah minta kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI, Raja Sapta Oktohari) untuk berkoordinasi dengan negara-negara peserta lain agar tidak menunda itu. Jadi harus ada pengumuman resmi dari tuan rumah, kalau cuma isu tidak usah (digubris)," ujarnya.

"Lagipula Olimpiade yang tingkat dunia saja jalan, lalu Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia saja jalan, harus bisa mencontoh dong. Peserta PON lebih banyak lo," seloroh Amali.

Politikus Golkar itu tak sepakat jika SEA Games 2021 ditunda karena mempertimbangkan persiapan yang akan mepet dan bentrok dengan ajang multievent lainnya. Salah satunya Asian Games 2022 Hangzhou.

"Tahun 2022 kita sudah ada Asian Games, tidak mungkin kita bertabrakan seperti itu. Artinya kalau itu ditunda harus dilewati (batal), langsung 2023 Kamboja," ujarnya.

Hal serupa diungkapkan Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, yang tak sepakat jika ajang itu ditunda. "KOI bersama dengan NOC lainnya di ASEAN sepakat untuk tidak menunda SEA Games 2021 karena beberapa alasan," kata Okto, terpisah.

"Seperti tantangan mekanisme anggaran lompat tahun yang hampir serupa dengan negara tetangga, waktu yang masih lima bulan, dan banyak agenda tahun depan seperti Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) dan Asian Games," ungkap dia.

SEA Games 2021 akan dilaksanakan di Kota Hanoi, pada 21 November hingga 2 Desember. Ajang itu akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dan 520 kategori.

(mcy/krs)