Ketum KONI Pusat Pastikan PON Papua Digelar Sesuai Jadwal

Mercy Raya - Sport
Selasa, 08 Jun 2021 20:20 WIB
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Menpora Zainudin Amali, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Harry Papilaya, di Kantor Kemenpora, Selasa (8/6/2021). Mereka membahas PON Papua
KONI Pusat Pastikan PON Papua Digelar Sesuai Jadwal. Foto: Mercy Raya/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tetap berjalan sesuai rencana pada 2-15 Oktober mendatang.

Hal itu ditegaskan Marciano usai melakukan rapat koordinasi dengan Menpora Zainudin Amali, bersama Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Harry Papilaya, di Kantor Kemenpora, Selasa (8/6/2021).

Eks Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengatakan telah secara langsung memastikan kesiapan Papua untuk menjadi tuan rumah PON ke-20, yang rencananya akan digelar pada 30 Oktober-4 November 2021.

Sebelumnya, Mimika melalui Bupati, Papua Eltinus Omaleng mengatakan daerahnya menghentikan seluruh persiapan menghadapi PON Papua karena masalah anggaran yang belum pasti. Mengutip Antara, Kabupaten Mimika disebut telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 700 miliar, tapi yang terealisasi baru Rp 78 miliar. Ketum KONI Pusat pun merespons hal tersebut.

"Terkait dengan statement yang dikeluarkan Bupati Mimika, memang ada masalah anggaran yang belum cocok. Tapi kalau dipelajari, masalah Mimika ini akan didukung, tapi tahapannya sesuai aliran yang sebagian dari APBD dan APBN, itu yang kami berikan," kata Marciano.

"Jadi permasalahan yang mengemuka di beberapa media, ada beberapa kabupaten yang tak puas dan kota menolak, atas arahan Pak Menpora (Zainudin Amali) sudah diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Tak hanya soal masalah anggaran, Marciano juga memastikan dari kesiapan venue dan keamanan juga lancar. "Venue masih sesuai harapan dengan perencanaan waktu yang dibuat. Masih ada venue yang berproses tapi itu akan selesai," dia menurutkan.

"Begitu pula dengan situasi keamanan yang sempat dikhawatirkan, kami sudah mendapat dukungan dari Kapolda Papua. Mereka memastikan pengamanan PON dapat berlangsung aman dan lancar. Bahkan Kapolri dan TNI juga sudah berada di Papua untuk memastikan keamanan di sana," ujarnya.

Marciano juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau kesiapan PON Papua. "Kunjungan ke Papua akan tetap dilakukan dalam waktu dekat. Menpora juga akan mengecek kesiapan yang tepat. PON Papua masih dalam rencana waktu dan kegiatan yang kami rencanakan."

(mcy/krs)