Raffi Ahmad-Nagita Slavina Jadi Ikon PON Papua karena Alasan Ini

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 05 Jun 2021 14:00 WIB
Penampakan Megahnya Istora Papua
Penampakan Megahnya Istora Papua venue PON Papua. (Foto: Dok. PT PP (Persero) Tbk)
Jakarta -

Kontroversi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina jadi ikon PON Papua direspons Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON), yang membeberkan alasan penunjukan keduanya.

Menurut Ketua II PB PON Roi Letlora, salah satu alasan memilih Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai ikon PON Papua adalah karena mereka memiliki jumlah follower yang banyak. Roi sendiri mengaku sudah mengetahui bahwa penunjukan Raffi-Nagita menjadi sorotan. Tapi pihak PB PON disebutnya punya pertimbangan di balik pemilihan itu, apalagi Raffi Ahmad-Nagita disebutnya jadi ikon. Sedangkan predikat duta diemban Boaz Solossa.

"Sebenarnya kami pilih Raffi dan Nagita itu untuk tujuan sosialisasi. Sementara yang menjadi duta PON itu ialah Boaz Solossa. Kami menunjuk Boaz karena dia merupakan representasi Papua sebagai tuan rumah," kata Roi kepada detikSport, Sabtu (5/6/2021).

Pemilihan Boaz, sebut Roi, juga melalui tahapan seleksi. Tapi akhirnya Boaz terpilih karena dinilai sebagai putra daerah yang memiliki prestasi bagus dan kehidupan sosial yang baik.

"Sedangkan Raffi, tadinya hanya Raffi saja. Tapi kemudian dipaketkan dengan Nagita Slavina. Itu pun dengan tahapan seleksi juga. Kami mencari yang memiliki follower banyak dan punya kapasitas untuk kami pakai sebagai influencer yang bertugas menyosialisasikan PON dalam waktu singkat ini," dia menjelaskan.

Penunjukan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menjadi ikon PON Papua antara lain menjadi perhatian publik usai unggahan komika Arie Kriting yang mengkritisi hal tersebut. Menurutnya, akan lebih baik jika peran itu disandang sosok Papua. Roi pun merespons.

"Cuma mas Arie itu melihat dari sisi kultural apropriasi, harus ada kearifan lokal orang Papua di situ, yang sebenarnya sudah ada pada Boaz," tuturnya menjelaskan.

[Selanjutnya: Raffi-Nagita dipilih karena follower]

Selanjutnya
Halaman
1 2