Di Ajang Ini Bisa Balap Sepeda Sambil Nikmati Indahnya Sulawesi Utara

Mercy Raya - Sport
Rabu, 09 Jun 2021 14:15 WIB
Jumpa pers ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli.
Foto: Mercy Raya/detikcom
Jakarta -

Ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli. Kegiatan ini sebagai bagian dari promosi wisata di tengah pandemi COVID-19.

Demikian disampaikan Ditektur Utama Transvision, Peter F. Gontha, dalam jumpa persnya di Menara Bank Mega, Rabu (9/6/2021). Ia menyampaikan alasan memilih Sulawesi Utara sebagai kota tujuan utama karena merupakan bagian dalam lima tujuan wisata di Indonesia, selain Danau Toba dan Labuan Bajo.

"Sulawesi Utara merupakan salah satu lima tujuan wisata. Seperti kita tahu ada Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Nah, kami mengadakan road bike untuk mempromosikan Sulawesi Utara," kata Peter.

"Kami ingin memberi kontribusi kepada negara dalam hal ini pariwisata dan kami dapat restu dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sandiaga Uno)," tuturnya.

Peter mengatakan ajang balap sepeda ini ditargetkan untuk umum dan diharapkan bisa diikuti lebih dari 100 pesepeda seluruh Indonesia. Selain itu, event ini juga dihadiri oleh beberapa pegiat sepeda antara lain, Agustin Ramli, Xtin Milan dan Markoneng.

"Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini dapat meramaikan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi. Ini adalah rangkaian pertama dari lima kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun ini," ujarnya.

Jumpa pers ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli.Jumpa pers ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli. Foto: Mercy Raya/detikcom

"Nanti kita adakan juga di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, tapi pertama di Sulawesi Utara. Kami akan buat triwulan. Nanti yang berikutnya Oktober 2021, lalu Januari 2022."

Hal senada diungkapkan, Ramli Alrashid, CEO Virtuathlon, bahwa konsep dari The TX Tondano Manado Road Bike Challengen 2021 ini adalah sebagian dari mempromosikan wisata Indonesia dengan cara bersepeda.

"Konsep yang kami usung ialah event eksibisi dengan tujuan mempromosikan objek wisata di Tondano dan Manado, salah satunya keindahan danau. Dan yang kami jual dari sport atau pengguna sepeda, ialah pesona ketika mereka balapan di Tondano. Secara road kami akan buat sekeren mungkin dan amazing mungkin ketika melintasi. Dengan demikian, ketika mereka kembali dari mengikuti kegiatan ini ada yang dibawa pulang," kata Ramli.

Sementara itu, Lexi Rohi, Rice Director, menjelaskan selama dua hari penyelenggaraan The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 para pesepeda akan disuguhkan panorama yang indah sepanjang 90 km.

Para pesepeda akan melewati rute di tepian Danau Tondano yang diapit oleh pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang.

Untuk jalur yang akan dilewati, Tondano memiliki karakter jalan yang sempit dan berkelok. Sementara di Manado, jalur yang akan dilewati lebih menantang karena cenderung lebar dan naik turun.

"Nantinya teman-teman yang akan lomba juga wajib mengikuti protokol kesehatan ketat. Seperti tes swab antigen lebih dulu dan akan difasilitasi dari kabupaten Minahasa. Masker harus tetap dipakai saat akan memulai lomba, tapi ketika berkegiatan bisa ditanggalkan sementara," ujarnya.

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 dibuka untuk umum. Adapun harga tiket yang dijual mulai Rp 450 ribu. Peserta akan mendapatkan satu set cycling kit berupa jersey, string bag, stiker, e-Bib, medali serta e-certificate.

Jumpa pers ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli.Jumpa pers ajang balap sepeda The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan dihelat 3-4 Juli. Foto: Mercy Raya/detikcom

Transvision juga akan mendonasikan sejumlah dari hasil penjualan tiket dalam program PIJAR yaitu pendampingan guru oleh relawan selama satu tahun mengabdi di pelosok yang dikelola sepenuhnya oleh CT Arsa Foundation.

Secara tidak langsung, dari setiap peserta yang ikut pada ajang ini telah mengambil bagian dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan anak bangsa dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Untuk menyemarakkan event ini, Transvision juga menggandeng 10 komunitas sepeda di 10 kota dan 250 pesepeda di seluruh Indonesia untuk bersepeda secara virtual dengan cara mendaftar di aplikasi Virtuathlon.

Ingo dan link pendaftaran sudah dapat diperoleh di www.txroadbike.id dan akun resmi sosial media @Transvisionid. Yuk!

(mcy/krs)