KONI Berikan Lifetime Achievement Award Kepada Widjojo Soejono

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 11 Jun 2021 22:00 WIB
Marciano Norman (kiri) dan Widjojo Soejono.
Marciano Norman saat bercengkrama dengan Widjojo Soejono. Foto: Dok. KONI
Jakarta -

Widjojo Soejono memperoleh penghargaan 'KONI Lifetime Achievement Award in Sports'. Award ini diberikan kepada pria 93 tahun itu atas sumbangsihnya pada olahraga nasional sejak lama.

Pemberian penghargaan itu dilakukan pada Jumat (11/6/2021). Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman yang datang langsung ke kediaman Jenderal TNI (Purn) tersebut.

"KONI memberikan 'Lifetime Achievement Award in Sports' kepada Widjojo Soejono atas pengabdiannya kepada olahraga, yang sampai saat ini masih menginspirasi kita semua, memberi semangat pada kita semua untuk kami bisa melahirkan atlet-atlet yang menjadi kebanggaan Indonesia," kata Marciano dalam keterangan resminya.

Widjojo merupakan ketua umum PORKI pertama (1972-1977), sebelum berubah menjadi FORKI (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia). Tak hanya di cabang karate, eks Komandan Kopassus itu juga aktif berkecimpung di dunia tenis, salah satunya lewat turnamen Piala Widjojo Soejono.

Kompetisi tersebut masih berlangsung hingga 2019, namun tengah vakum karena pandemi COVID-19. Pada tahun 2019, Piala Widjojo Soejono International Junior Tennis Championship digelar di Makodam V/Brawijaya dan diikuti 450 atlet, 100 di antaranya dari luar negeri.

Turnamen tersebut dibagi menjadi beberapa kategori umur, antara lain U-8, U-10, U-12, U-14, U-16, dan U-18.

Widjojo turut berterima kasih atas penghargaan ini. "Saya mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Bapak Ketua Umum KONI atas pengakuan atau penghargaan yang disampaikan kepada saya," kata Widjojo.

"Kita tidak boleh menyepelekan peran olahraga, lalu lepas kaitannya dari pembangunan bangsa."

"Saya yakin bahwa olahraga merupakan salah satu pendekatan atau bentuk kepada pembangunan bangsa terutama dalam bidang karakter, nation and character building, diantaranya melalui olahraga," jelas Widjojo.



Simak Video "Blak-blakan Ketua Umum KONI: Ingat KONI, Prestasi Bukan Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/adp)