detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Apr 2021 12:50 WIB

Kontingen PON Papua Diupayakan Dapat Fasilitas Penerbangan Langsung

Mercy Raya - detikSport
KONI Pusat Kontingen PON Papua Diupayakan Dapat Fasilitas Penerbangan Langsung (dok KONI Pusat)
Jakarta -

Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan mendapatkan fasilitas lebih. Salah satunya dengan membuat penerbangan seefisien mungkin agar atlet tidak lelah.

Gagasan itu muncul saat Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menerima jajaran direksi Garuda Indonesia yang diwakilkan Direktur Utama Irfan Setiaputra di kantor KONI, bilangan Senayan, pada Selasa (27/4/2021).

Marciano menjelaskan kebutuhan penerbangan udara sangat penting bagi masyarakat olahraga prestasi karena banyak event yang mengharuskan atletnya menggunakan transportasi udara.

Salah satu ajang terdekat ialah PON XX tahun 2021 di Papua. Multievent nasional empat tahunan itu akan digelar di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober mendatang.

Untuk itu, dengan adanya rencana kerja sama tersebut, kelak seluruh anggota KONI Pusat, baik 34 KONI Provinsi hingga 71 induk cabang olahraga, akan mendapatkan manfaatnya.

"Artinya penerbangan dari daerah asal akan langsung menuju klaster tempat atlet akan bertanding. Selain itu, sebisa mungkin seefisien mungkin, jangan sampai atlet letih sebelum bertanding," kata Marciano dalam keterangan tertulisnya kepada detikSport.

Bukan tanpa alasan gagasan itu muncul. Eks kepala Badan Intelijen Negara (BIN) mengaku mendengar ada kendala dari perwakilan kontingen pada Chef de Mission (CdM) Meeting II di Papua.

Saat itu, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi menyebut kontingen dari ujung barat Indonesia butuh waktu 20 jam untuk tiba di daerah yang terkenal dengan julukan Mutiara Hitam itu. Jika masalah panjangnya perjalanan dan transit tak terselesaikan maka bukan tak mungkin dapat mengganggu perfoma atlet. Di sisi lain, kontingen harus sudah tiba di Papua H-3 dan H+2 penyelenggaraan PON XX.

Sementara itu, Direktur Utama Irfan Setiaputra yang didampingi Direktur Pemasaran M.R Pahlevi, Direktur Pemeliharaan Rahmat Hanafi menyambut positif rencana kerja sama tersebut. "Terima kasih sekali jika ingin bekerja sama," tutur Irfan.

"Garuda bisa atur paket untuk melihat Papua, seperti Raja Ampat misalnya," kata Dirut Garuda tersebut menyoal layanan yang akan diberikan sekaligus peningkatan gairah pariwisata di Tanah Air.

Namun, ia juga berharap agar ada peningkatan pada infrastruktur bandara di Papua supaya dapat mendaratkan pesawat berkapasitas besar.

Simak video 'Kemegahan Stadion PON XX di Papua yang Dipamerkan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com