Atlet Catur Jatim Terus Asah Kemampuan Jelang PON Papua

Andhika Dwi - Sport
Minggu, 13 Jun 2021 18:25 WIB
Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding di Kota Kediri. Ini dilakukan sebagai persiapan menjelang PON sekaligus ke ajang Piala Ketua MPR.
Atlet Catur Jatim Terus Asah Kemampuan Jelang PON Papua. Foto: dok. detikcom/Andhika Dwi
Kediri -

Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding di Kota Kediri. Ini dilakukan sebagai persiapan menjelang PON sekaligus ke ajang Piala Ketua MPR.

Hal itu seperti diutarakan oleh Ketua Umum Pengurus Ketua MPR Jawa Timur Pesatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Tondo Samiadi.

"Ini adalah seleksi untuk ikut Piala Ketua MPR. Kebetulan seleksi ini melibatkan tim PON Jatim. Jadi, harapan kami sukses di Piala Ketua MPR dan PON," ucap Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur Tondo Samiadi di Kediri. Minggu (13/6/2021).

Di PON Papua, atlet catur Jatim diharapkan bisa memborong dua emas, satu perak dan satu perunggu. "Ada sembilan atlet dan tiga ofisial yang ikut (PON XX Papua). Kalau persiapan sudah 80 persen dan kami paling siap dari seluruh Indonesia. Walaupun sudah siap, pemain harus tetap semangat."

Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding di Kota Kediri. Ini dilakukan sebagai persiapan menjelang PON sekaligus ke ajang Piala Ketua MPR.Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding di Kota Kediri. Ini dilakukan sebagai persiapan menjelang PON sekaligus ke ajang Piala Ketua MPR. Foto: dok. detikcom/Andhika Dwi

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan sangat senang dengan kegiatan ini. Acara ini bisa sebagai ajang latihan bagi para atlet catur asal Kota Kediri.

"Kami sambut baik, karena juga butuh untuk meningkatkan prestasi di Kota Kediri sekaligus nanti bisa sumbangkan atlet dari Kediri bisa berlaga di regional, nasional dan internasional," jelas Nur Muhyar.

Ia mengatakan regenerasi atlet terus dilakukan oleh Percasi Kota Kediri. Dengan latih tanding atlet catur Kota Kediri dengan atlet yang akan berlaga di PON Papua, bisa mengasah daya saing.

"Ini meningkatkan pengetahuan, pengalaman atlet dari Kota Kediri. Kami terus dorong KONI Kota Kediri dan Percasi Kediri untuk rekrutemn pemain muda di Kediri," pungkas Nur Muhyar.

Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding di Kota Kediri. Ini dilakukan sebagai persiapan menjelang PON sekaligus ke ajang Piala Ketua MPR.Sejumlah atlet catur Jawa Timur yang akan turun di PON Papua melakukan latih tanding dengan prokes COVID-19. Foto: dok. detikcom/Andhika Dwi

Kegiatan latih tanding itu digelar di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kediri. Latih tanding digelar sesuai Protokol kesehatan COVID-19 dan mensimulasikan pertandingan profesional seperti aslinya.

Ada 20 atlet dari Percasi Jatim dan Persatuan Catur Seluruh Indonesia Pengurus Cabang Kota (Percasi Pengkot) Kediri yang ikut serta dalam latih tanding tersebut.

(krs/adp)