WEC 2021: Jota Sport Kuasai Portimao, Sean Gelael Finis kedua

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 14 Jun 2021 05:22 WIB
2021 FIA World Endurance Championship
Portimão, Portugal
10th - 13th June 2021 
Photo: Drew Gibson
Sean Gelael dkk finis kedua di 8 Hours of Portimao WEC 2021 (Drew Gibson)
Portimao -

Jota Sport menguasai balapan ketahanan di Portugal. Sayangnya tim Sean Gelael, Jota #28, harus puas finis kedua karena disalip di saat-saat akhir.

Pada balapan seri kedua FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 di Portimao, Portugal, Minggu (13/6/2021), Sean dkk start dari pole position. Ini membuat para pebalap Jota #28 itu pede menang.

Tapi, balapan 8 Hours of Portimao ini tidak berjalan sesuai keinginan. Start dari P1 pada kelas LMP2, Tom Blomqvist yang memulai perjuangan Jota #28 malah terjepit oleh Giedo van der Garde dari Racing Team Netherland dan bahkan disundul hingga melintir oleh sesama pebalap Jota dari tim #8 Antonio Felix da Costa.

Alhasil dia harus kehilangan posisi tersebut di tikungan ketiga dan bahkan melorot ke paling belakang. Tapi, Blomqvist mampu memperbaikinya hingga saat Sean menggantikannya, Jota #28 sudah ada di posisi keenam.

Sean berhasil memperbaiki ke posisi keempat dan mampu mempertahankannya untuk waktu lama. Vandoorne kemudian mengambil alih mobil untuk membuat kejutan.

Pebalap asal Belgia itu mampu menempatkan Jota #28 di posisi pertama saat mengembalikannya ke Blomqvist. Dengan jarak cukup aman dari posisi kedua sekitar 5-10 detik, kemenangan sepertinya jadi milik Jota #28.

Da Costa lantas kesetanan karena ingin menang di kandang sendiri untuk menggeber mobilnya kencang, sehingga mampu menyalip Tom yang kembali duduk di balik kemudi pada sisa lima menit balapan.

Alhasil, perjuangan panjang Jota #28 akhirnya terhenti di posisi kedua setelah bertarung selama 475 menit. Jota #38 berhasil finis sebagai juara di seri Portimao dan peringkat ketiga ditempati United Autosports USA.

Di posisi keempat ada Team WRT disusul Inter Europol Competition. Setelah ini Sean balik ke Indonesia lagi untuk persiapan putaran ketiga WEC digelar di Monza, Italia, 18 Juli.

"Tentu kami kecewa dan sedih, tapi kami belum habis. Kami akan bangkit untuk tampil lebih baik pada seri berikut," kata Sean Gelael seraya menyinggung insiden di lap pertama yang merugikan timnya dalam rilis kepada detikSport.

(mrp/ran)