Target Indonesia Loloskan 30 Atlet ke Olimpiade Tokyo

Mercy Raya - Sport
Senin, 14 Jun 2021 19:20 WIB
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani
Chef de Mission (CdM) Indonesia di Olimpiade Tokyo, Rosan P. Roeslani.
Jakarta -

Chef de Mission (CdM) Olimpiade untuk Indonesia, Rosan P. Roeslani, berharap Indonesia bisa menambah wakil di Olimpiade Tokyo sehingga totalnya menjadi 30 atlet.

Merah Putih saat ini sudah meloloskan 23 atlet dari tujuh cabang olahraga melalui jalur kualifikasi. Indonesia masih memiliki peluang untuk menambah tiket, sebab masih ada tersisa dua kualifikasi dan wild card.

Rosan mengatakan, selain panahan yang akan memperebutkan tiket recurve beregu di Paris pada pertengahan Juni ini, voli pantai putri juga masih berkesempatan meloloskan atletnya.

"Tentunya kita harus optimistis (untuk panahan), bisa menambah kuota kita, baik itu di beregu putri maupun beregu putra. Karena sampai saat ini ada 23 atlet yang lolos. Harapannya dengan ada wild card bisa tambah menjadi 30 atlet," kata Rosan kepada pewarta, Senin (14/6/2021).

Sejauh ini, kata Rosan, atlet yang terakhir lolos ke Olimpiade Tokyo ada pada surfing atas nama Rio Waida di nomor shortboard putra.

"Karate tidak masuk, BMX juga, surfing yang masuk terakhir. Senam mungkin wildcard, lalu renang, dan atletik, kami masih menunggu, tapi itu belum final," ujarnya.

Rosan juga menambahkan terkait keberangkatan kontingen akan dibagi menjadi dua bagian. Bulutangkis menjadi cabor yang akan berangkat lebih dulu ke Jepang pada 8 Juli mendatang. Sedangkan cabor lainnya akan menyusul pada 18 Juli.

"Cabor lainnya ini akan berangkat bersamaan. Sebab, ada beberapa kualifikasi yang dibatalkan jadi yang berangkat duluan bulutangkis saja," kata Rosan menyoal alasan di balik bulutangkis yang terbang ke Jepang.

Bulutangkis lebih dulu ke Jepang untuk training camp di Kumamoto, Jepang, selama 10 hari menjelang Olimpiade Tokyo. Tujuannya sebagai adaptasi dan aklimatisasi sebelum tampil di multievent terbesar empat tahunan tersebut.

Selain 11 atlet yang telah mengamankan tiket, PBSI juga memboyong empat atlet sebagai sparring partner Kevin Sanjaya dkk. Atlet bulutangkis akan bergabung di Wisma Atlet Tokyo pada 18 Juli.

(mcy/krs)