50 Jagoan Catur Indonesia Ikuti Turnamen di Gedung Parlemen

Yudistira Imandiar - Sport
Sabtu, 19 Jun 2021 17:08 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Turnamen Catur I Indonesia Master 2021 berlangsung di Plaza Gedung Nusantara V, Gedung Parlemen Jakarta. Sebanyak 50 pecatur pemegang gelar Grand Master, Women Grand Master, Master, dan atlet catur Sea Games berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka gelaran turnamen yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR dan Piala Menpora tersebut. Bamsoet mengatakan Turnamen Catur I Indonesia Master 2021 merupakan turnamen yang keempat diselenggarakan selama dirinya menjadi wakil rakyat di parlemen. Saat menjadi Ketua Komisi III DPR RI, Bamsoet pernah menggelar turnamen catur yang diikuti 1300 pecatur dan mendapatkan Rekor MURI.

Dari sekian kegiatan turnamen catur yang diadakan, Bamsoet mengatakan Turnamen Catur I Indonesia Master 2021 sangat istimewa. Sebab, turnamen ini diikuti oleh para jagoan-jagoan catur Tanah Air.

Bamsoet menyampaikan gelaran-gelaran catur yang diselenggarakan merupakan bentuk upayanya untuk memajukan olahraga catur di Indonesia. Ia menjelaskan turnamen seperti ini sedianya digelar tahun lalu namun diundur karena pandemi COVID-19.

Bamsoet menekankan catur juga merupakan cabang olahraga. Bedanya, bila olahraga lain umumnya menggunakan kekuatan fisik dan taktik, namun catur dikatakan sebagai olahraga dengan lebih dominan menggunakan kekuatan otak dan pikiran.

Bamsoet menyebut para pecatur juga merasa kelelahan setelah bertanding seperti atlet-atlet olahraga lain.

"karena seluruh daya pikiran dicurahkan untuk bagaimana menaklukkan pertahanan lawan," cetus Bamsoet, Sabtu (19/6/2021).

Bamsoet menambahkan atlet catur punya kesamaan dengan politisi. Ia mengibaratkan, wakil rakyat bertarung di Senayan dengan cara menggempur, menjatuhkan lawan, dalam pengertian positif, untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Hal itu juga dilakukan para pecatur dalam pertandingan.

"Untuk menggolkan suatu pasal juga perlu strategi, kata Bamsoet.

Ia mengatakan wakil rakyat harus tahu siapa benteng lawan yang menolak aspirasi rakyat. Wakil rakyat juga harus tahu siapa peluncur lawan yang harus dilumpuhkan terlebih dahulu agar pasal yang menyangkut kepentingan rakyat dapat diakomodir.

"Termasuk bagaimana mematikan kuda lawan dengan menggunakan trik atau langkah kuda yang tidak terduga oleh lawan demi menggolkan pasal-pasal untuk kepentingan rakyat," papar Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini berharap turnamen catur hari ini bisa membawa pecatur Indonesia menembus dunia.

"Mengibarkan merah putih dan membanggakan kita semua," ungkapnya.

Ketua Percasi Utut Adianto menambahkan Turnamen Catur I Indonesia Master 2021 merupakan gelaran spesial. Sebab, turnamen diikuti para pecatur unggulan Indonesia.

"Mengumpulkan grand master, women grand master, dan master di Indonesia tidak mudah," ujar Utut.

"Mudah-mudahan turnamen ini akan membawa catur Indonesia maju," sambungnya.



Simak Video "KuTips: Trik Jago Main Catur Buat Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)