Jadi Venue Kejuaraan Dunia Berkuda, Ini Persiapan Equinara Horse Sports

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 27 Jun 2021 04:03 WIB
Equinara Horse Sports
Equinara Horse Sports berbenah sambut Kejuaraan Dunia Berkuda November (dok.Equinara Horse Sports)
Jakarta -

Equinara Horse Sports terus bersiap diri menghadapi Kejuaraan Dunia Berkuda November nanti. Mereka memastikan event itu sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Indonesia menjadi tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge (JWC) 2021. Agenda tersebut rencananya akan dilaksanakan 16-22 Agustus 2021 mendatang yang akan diikuti 25 negara. Acara tersebut akan digelar Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP).

Namun, acara itu akhirnya diundur menjadi 22-28 November 2021 karena perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini. Hal ini sudah disetujui oleh Federasi Equestrian Internasional (FEI).

Begitula yang dilaporkan oleh Direktur Equinara Horse Sports, Dr Ir. Adinda Yuanita MT, kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 15 Juni lalu di Balai Kota.

Equinara Horse Sport memang ditunjuk sebagai venue JWC karena memang sudah terbukti melahirkan banyak atlet berkuda dan juga kuda yang membawa harum nama Indonesia di event internasional.

Setelah meraih hat-trick emas di SEA Games 2011, 2013, dan 2015, serta Asian Ganes 2018, Equinara selalu jadi tempat perhelatan kompetisi Liga Equestrian nasional yang bertujuan untuk prestasi berkuda Indonesia.

Meski melakukan persiapan di tengah pandemi virus corona, Equinara Horse Sports tetap menerapkan standar tinggi pencegahan penyebaran Covid-19 Equinara membatasi jumlah pengunjung, test swab antigen secara swadaya, dan program Vaksinasi kepada seluruh karyawan.

Ini sekaligus membantah berita belakangan ini yang disebut salah satu karyawan Equinara positif Covid-19 saat sedang bertugas. Padahal Equinara Horse Sport memastikan karyawan yang mememiliki gejala demam tidak diperbolehkan bekerja untuk memastikan area selalu bebas Covid-19.

Pada tanggal 17 Juni 2021, Equinara telah melakukan swab antigen secara mandiri kepada seluruh karyawan dengan hasil 100 persen Negatif. Bahkan mereka juga telah mengundang Satpol PP DKI Jakarta untuk melakukan tes serupa dan hasilnya pun sama, bersih dari virus corona.

Di tengah kasus Covid-19 yang menanjak, kegiatan latihan berkuda mau tak mau harus tetap dilaksanakan dan semuanya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sesuai Peraturan Gubernur No.3 tahun 2021, Akademi Berkuda Equinara termasuk kategori area dengan ruang terbuka yang tertutup untuk publik. Maka dapat melakukan kegiatan sebanyak 25% kapasitas wilayah dari total luas wilayah 20 hektar. Serta, pembatasan pengunjung hingga 25% dari Kapasitas dengan jam oprasional hingga Pukul 20:00 WIB.

Equinara Horse Sports memastikan bahwa agenda latihan tidak terganggu demi persiapan tuan rumah FEI Jumping World Challenge (JWC) 2021.

(mrp/pur)