Jika Sang Ibu Kasih Restu, Mau Comeback ke UFC Khabib?

Afif Farhan - Sport
Selasa, 13 Jul 2021 20:05 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia compete against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Jika Sang Ibu Kasih Restu, Mau Comeback ke UFC Khabib? (Getty Images)
Las Vegas -

Khabib Nurmagomedov pensiun dari UFC sejak akhir tahun 2020 kemarin, karena janji ke ibunya. Jika ibunya memberi restu bertarung kembali, mau comeback nggak?

Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun dari UFC di tahun 2020 kemarin. 'The Eagle' menutup karier dengan ciamik di ajang seni beladiri terpopuler sedunia itu, setelah mempertahankan sabuk juara kelas ringan mengalahkan Justin Gaethje pada akhir bulan November.

Rekor kemenangan Khabib Nurmagomedov sempurna, 29-0 yang artinya 29 kali menang tanpa kalah di dunia MMA profesional. UFC pun menyematkannya sebagai pound-for-pound (P4P) alias petarung terhebat.

Khabib Nurmagomedov pensiun dari UFC karena perintah dari ibunya. Ibunya tidak mau melihat Khabib bertarung lagi sepeninggalan sang ayah, Abbdulmanap Nurmagomedov.

Abdulmanap tutup usia karena penyakit jantung di awal bulan Juli 2020. Kala Khabib memenangi duel kontra Justin Gaethje, dia sendiri yang bilang hal tersebut.

"Ibu saya tidak mau melihat saya bertarung lagi setelah ayah meninggal dunia. Saya bilang pertarungan ini adalah yang terakhir dan dia mengiyakan. Maka saya, harus menepati janji kepadanya," terang Khabib.

Khabib NurmagomedovKhabib Nurmagomedov (Instagram/ufc)

Dalam wawancara bersama Brett Okamoto dari ESPN, Khabib Nurmagomedov mengaku kini mempersiapkan Islam Makhachev sebagai penerusnya. Islam merupakan saudara sepupu Khabib yang sama-sama terjun di dunia MMA.

Islam sudah sembilan kali berlaga di UFC dengan delapan kali menang dan sekali kalah. Selanjutnya, Islam akan naik octagon pada 18 Juli di UFC Fight Night, Las Vegas.

Kembali soal Khabib, jika sang ibu kembali memberi restu untuk bertarung ke UFC, apakah dirinya akan comeback?

"Saya sudah pensiun. Banyak orang bilang kalau saya bisa bertarung lagi sampai beberapa tahun ke depan, tapi tidak, saya sudah selesai," ujar Khabib.

"Orang-orang seperti tidak mengerti, saya sudah selesai. Saya tidak akan kembali," lanjutnya.

"Ini bukan soal ibu, tapi soal segalanya," tutup Khabib dengan tegas.

(aff/rin)