Ini Logo Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020

Mercy Raya - Sport
Senin, 19 Jul 2021 16:35 WIB
Eko Yuli memperkenalkanligo Kontigen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.
Eko Yuli Irawan memperkenalkan logo kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) resmi memperkenalkan logo tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. Ada lambang Garuda dan lima buah cincin Olimpiade dengan lingkaran Merah Putih.

Seremoni peluncuran dilakukan secara virtual, Senin (19/7/2021). Hadir dalam acara tersebut Komite Eksekutif KOI Teuku Arlan Perkasa Lukman, atlet angkat besi Eko Yuli Irawan, peraih medali emas Olimpiade 2016 Liliyana Natsir, dan Olimpian Beijing 2008 Dedeh Erawati.

Peluncuran logo baru ini pun memiliki tujuan untuk membangkar semnagat atlet yang berjuang di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Arlan mengungkapkan bahwa logo Indonesia biasanya identik dengan obor bernuansa warna Merah Putih dan kuning yang artinya merefleksikan semangat tim Indonesia dan Perisai Talawang dari suku Dayak. Namun, menuju Olimpiade tahun ini logo tersebut diubah dengan simbol Garuda dan lima ring Olimpiade serta diperkuat dengan lingkaran Merah Putih.

"Ini dikembalikan ke suatu filosofi yang sering kita dapatkan dan dengar bahwa ada Garuda di dadaku. Nah, kata-kata itu melekat dengan tim nasional, atau tim Indonesia saat berlaga di multievent maupun single event. Dan inilah yang ingin kami kembalikan. Dalam perjalanannya kami ingin mengembalikan Garuda ini ke dada masing-masing," kata Arlan dalam jumpa persnya.

Di sisi lain, KOI juga mendapat masukan dari para stakeholder olahraga dan diperkuat dengan aturan dari International Olympic Committee (IOC) yang mewajibkan adanya identitas dari setiap negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 pada logo yang digunakan untuk timnya.

"Inilah yang membuktikan di logo tim Indonesia kita masukkan Garuda di dada. Yang pasti di tengah pandemi kami merasa dibutuhkan pembaharuan demi mendongkrak semangat atlet, dengan segala keterbatasan yang kita dapatkan, yang mana logo mampu mempresentasikan tim Indonesia yang tetap berjuang," tuturnya.

Tak hanya logo, tim Indonesia juga meluncurkan jersey bernuansa Merah Putih dari Li Ning. Liliyana Natsir, perwakilan legenda hidup Olimpiade, mengapresiasi peluncuran jersey terbaru tim Indonesia.

"Menurut saya pribadi atribut di jersey sangat penting. Jika atributnya keren, jersey keren, jaket keren, apalagi kalau kita lihat jersey sponsornya Li Ning mencirikan Indonesia ya. Ada Merah, ada Putih otomatis jadi kebanggaan tersendiri. Orang tak perlu melihat benderanya, kalau Merah Putih pasti Indonesia," kata Liliyana Natsir terkait pentingnya atribut pada jersey yang dikenakan atlet di Olimpiade.

"Salah satu cara untuk membangkitkan semangat kita juga (atlet) dengan jersey dan jaket yang keren dan style, jadi kita tampil di lapangan atau di luar lapangan pasti lebih percaya diri."

Logo terbaru tersebut sudah mulai dikenakan di baju kontingen dan jersey tanding atlet-atlet Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo, 23 Juli-8 Agustus.

Kontingen Indonesia di Olimpiade mengirim 28 atlet dan 1 atlet alternatif dari delapan cabang olahraga, yaitu bulutangkis, angkat besi, panahan, atletik, surfing, menembak, rowing, dan renang.

(mcy/cas)