Wow! Kakak-Adik Ini Sabet Medali Emas Olimpiade 2020

Bayu Baskoro - Sport
Senin, 26 Jul 2021 04:30 WIB
Dua pejudo Jepang, Hifumi Abe dan Uta Abe, menjadi kakak-adik pertama yang berhasil menyabet medali emas di kelas individu dalam pertarungan di Nippon Budokan, Tokyo, Minggu 25 Juli 2021.
Dua pejudo kakak-adik asal Jepang, Hifumi Abe dan Uta Abe. (Foto: dok. Olimpiade 2020)
Tokyo -

Olimpiade Tokyo 2020 menghadirkan rekor baru atas nama Hifumi Abe dan Uta Abe. Dua pejudo ini menjadi kakak-adik pertama yang meraih medali emas individu.

Abe bersaudara tampil membela Jepang di cabang olahraga judo dalam Olimpiade 2020. Hifumi turun di kelas 66kg putra, sementara adiknya, Uta, bertanding pada nomor 52kg putri.

Uta menjadi Abe bersaudara pertama yang berhasil merebut medali emas. Pejudo 21 tahun itu mengalahkan wakil Prancis, Amandine Buchard, di arena Nippon Budokan, Minggu (25/7/2021).

Tak lama setelah Uta mendaki podium pertama, giliran Hifumi yang sukses menyabet medali emas. Atlet berusia 23 tahun tersebut meraih kemenangan ippon atas pejudo Georgia, Vazha Margvelashvili.

Keberhasilan Uta dan Hifumi kali ini membawa mereka masuk ke dalam buku rekor Olimpiade. Abe bersaudara tercatat sebagai kakak-adik pertama yang sukses meraih emas di kelas individu pada hari yang sama.

Uta dan Hifumi mengikuti jejak Serena Williams dan Venus Williams sebagai kakak-adik yang berhasil mempersembahkan emas Olimpiade. Bedanya, Serena dan Venus mendapatkannya ketika bermain bareng sebagai petenis ganda putri Amerika Serikat pada tahun 2000, 2008 dan 2012.

Hifumi tidak bisa menutupi kebahagiaannya meraih emas dan mengibarkan Hinomaru di Olimpiade 2020 bersama sang adik. Menurutnya, pencapaian tersebut sangat luar biasa.

"Ini menjadi hari terhebat yang pernah ada. Saya tidak berpikir bahwa kami, sebagai saudara, dapat bersinar terang di panggung yang dikenal sebagai Olimpiade Tokyo," kata Hifumi Abe, dilansir dari laman resmi Olimpiade.

"Saya sangat bahagia, saya merasa tenang di final. Ini adalah judo saya dari awal hingga akhir. Saya amat senang," tuturnya.



Simak Video "Kasus Baru Melonjak! Corona Varian Delta Hantui Olimpiade Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)