Menpora Janjikan Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi ASN-TNI/Polri

Angga Laraspati - Sport
Selasa, 27 Jul 2021 13:50 WIB
1.

Menpora Janjikan Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi ASN-TNI/Polri

Menpora Janjikan Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi ASN-TNI/Polri
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan bentuk dukungan dan apresiasi pemerintah kepada para atlet peraih medali Olimpiade tak hanya memberikan bonus.

Pemerintah juga akan membuka peluang untuk mengangkat mereka sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil dan anggota Polri/TNI sebagai jaminan kehidupan mereka jangka panjang.

"Pengalaman di Asian Games yang lalu, bagi mereka yang misalnya memilih jalur untuk ASN atau PNS kita fasilitasi. Hampir 300 orang (atlet jadi PNS) yang ada di tempat saya di Kemenpora dan tempat-tempat lainnya," ujar Amali dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Menpora juga menuturkan TNI-Polri juga siap menerima para atlet-atlet Olimpiade yang sudah berjuang ini. Karena, lanjut Amali, menurut mereka, para atlet adalah pahlawan olahraga yang membawa harum nama bangsa dan negara.

"Jadi perhatian kita, apresiasi dan penghargaan pasti pemerintah tidak tinggal diam. Pasti ada dan bukan hanya untuk sesaat tetapi untuk long time untuk mereka supaya ada jaminan di dalam kehidupan mereka," kata Amali.

Selain apresiasi buat peraih medali Olimpiade, pemerintah juga akan membuat training camp berstandar internasional di Cibubur, Jakarta Timur, bagi para atlet untuk dilakukan pembinaan jangka panjang. Hal ini sejalan dengan Grand Design Olahraga Nasional yang telah disusun pemerintah bersama akademisi dan praktisi olahraga di berbagai perguruan tinggi.

"Tentu ini suatu bentuk perhatian pemerintah supaya mereka terpusat di dalam satu tempat latihan dan mereka akan diberikan fasilitas, baik untuk dirinya, kalau dia sekolah untuk sekolahnya," ujar Amali.

Pemerintah selama ini juga sudah memberikan dukungan penuh selama mereka di pusat pelatihan nasional (Pelatnas). Di tempat ini, semua kebutuhan dan fasilitas dipenuhi pemerintah.

"Pelatihan-pelatihan selama ini pemerintah semuanya memfasilitasi termasuk pemberangkatan mereka (ke Tokyo)," urai Menpora.

Baca halaman selanjutnya soal grand design olahraga nasional..