Petinju Maroko Mau Gigit Kuping Lawan di Olimpiade Tokyo 2020!

Yanu Arifin - Sport
Selasa, 27 Jul 2021 18:40 WIB
Moroccos Youness Baalla (red) and New Zealands David Nyika fight during their mens heavy (81-91kg) preliminaries round of 16 boxing match during the Tokyo 2020 Olympic Games at the Kokugikan Arena in Tokyo on July 27, 2021. (Photo by Luis ROBAYO / AFP)
Momen David Nyika nyaris digigit Youness Baalla. (Foto: LUIS ROBAYO/AFP)
Tokyo -

'Jurus Mike Tyson' terlihat di Olimpiade Tokyo 2020. Ada petinju Maroko yang kedapatan mencoba menggigit kuping lawannya saat bertarung di atas ring!

Youness Baalla, asal Maroko, menghadapi lawan asal Selandia Baru, David Nyika, dalam cabang tinju kategori kelas berat putra di Kokugikan Arena, Tokyo, Selasa (27/7/2021). Duel didominasi oleh Nyika.

Dari tiga ronde, Baalla memang kesulitan menghadapi Nyika. Sampai akhirnya jelang pertarungan tuntas, 'jalan pintas' coba dilakukan Baalla, yang masih berusia 22 tahun itu.

Baalla coba menggigit telinga Nyika saat sedang berangkulan. Dalam video yang beredar, terlihat mulut petarung asal Maroko itu coba menggigit kuping lawannya.

Tak kena kuping, gerakan mulut Baalla mengarah ke pipi. Namun, Nyika bisa menghindar dengan mundur ke belakang. Ia melihat ke arah wasit untuk protes.

Baalla sendiri cuma diperingatkan oleh wasit. Dan momen itu menambah pahit kekalahannya, di mana lima wasit memberikan kemenangan telak 5-0 untuk Nyika, yang melaju ke perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 dan akan menghadapi Uladzislau Smiahlikau asal Belarusia.

Usai pertarungan, Nyika mengakui bahwa lawannya memang frustrasi. Ia juga beruntung tak tergigit lantaran sang lawan masih pakai pelindung giginya.

"Dia tidak bisa membalas pukulan dengan benar. Dia menundukkan kepalanya, dia menggigit saya, dia memukul ke bawah pinggang," kata Nyika, dilansir The Sun.

"Saya tidak berpikir dia akan menyerah begitu saja. Benar saja, dia mencoba menggigit tulang pipi saya. Mungkin dia baru saja menggigit keringat."

"Dia tidak membuka lebar mulutnya. Untungnya dia memakai pelindung mulutnya dan saya sedikit berkeringat. Tapi, ayolah, ini Olimpiade, selesaikan masalahmu," katanya.

Pelatih Nyika, Billy Meehan, juga mengomentari insiden yang dialami petarungnya di Olimpiade Tokyo 2020. Ia merasa kagum dengan sikap Nyika, yang tak terpancing lawannya.

"Tidak pada level ini. Anda tidak berharap untuk melihat itu," katanya.

"Anda tidak berharap untuk mendapatkan itu. David menanganinya dengan brilian," ujarnya.

Aksi gigit kuping di pertandingan tinju yang paling terkenal pernah terjadi di pertarungan Mike Tyson vs Evander Holyfield. Tyson menggigit kuping lawannya saat bertarung pada 1997, dan dinyatakan kalah dengan diskualifikasi dalam perebutan sabuk WBA.

Lihat juga Video: Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Diimbau Tak Berpose Sambil Gigit Medali

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)