Gagal Raih Medali Olimpiade, Atlet Ini Siap-siap Wajib Militer!

Bayu Baskoro - Sport
Senin, 02 Agu 2021 06:00 WIB
KAWAGOE, JAPAN - JULY 29: Si Woo Kim of Team South Korea plays his shot from the 16th tee during the first round of the Mens Individual Stroke Play on day six of the Tokyo 2020 Olympic Games at Kasumigaseki Country Club on July 29, 2021 in Kawagoe, Saitama, Japan. (Photo by Chris Trotman/Getty Images)
Pegolf Korea Selatan, Si Woo Kim. (Foto: Getty Images/Chris Trotman)
Tokyo -

Pegolf Korea Selatan, Si Woo Kim, gagal merebut medali di Olimpiade 2020. Atlet 26 tahun itu kini tak bisa menghindar dari wajib militer selama dua tahun.

Kim bertanding dalam cabor golf putra Olimpiade Tokyo 2020 di Kasumigaseki Country Club, Minggu (1/8/2021). Selain Kim, Korea Selatan juga diwakili Sungjae Im pada perlombaan tersebut.

Keduanya gagal meraih hasil maksimal dan terlempar dari podium juara. Im hanya mampu mencatatkan posisi terbaik di urutan ke-22, sementara Kim melorot di peringkat ke-32. Adapun medali emas diraih pegolf Amerika Serikat, Xander Schauffele.

Melansir Golf Digest, kegagalan Si Woo Kim di pentas Olimpiade 2020 membuatnya gagal membebaskan diri dari wajib militer di Korea Selatan. Kim memang dituntut untuk meraih medali agar bisa lolos dari kewajiban tersebut.

Seperti diketahui, Korea Selatan mewajibkan seluruh laki-laki berusia 19-28 tahun untuk wajib militer selama dua tahun. Pengecualian khusus diberikan bagi para atlet yang dapat "meningkatkan prestise nasional".

Salah satu cara untuk lolos dari wajib militer adalah dengan meraih medali di Olimpiade atau Asian Games. Hal ini pernah dilakukan tim sepakbola Korea Selatan, termasuk Son Heung-min, kala merebut emas di Asian Games 2018.

Sungjae Im saat ini berusia 23 tahun dan masih berkesempatan meraih medali dalam Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Adapun bagi Kim, Olimpiade 2020 menjadi kesempatan terakhirnya untuk lolos dari wajib militer.

"Saya tahu banget apabila kami mendapatkan medali, pemerintah Korea akan membebaskan kami dari wajib militer," kata Si Woo Kim pada Selasa (27/7), dilansir dari Golf Digest.

"Namun saya tidak terlalu fokus memikirkan wajib militer. Satu-satunya tujuan saya adalah memenangkan kejuaraan, mendapatkan medali, serta merasa terhormat," ujarnya sebelum dipastikan pulang tanpa medali Olimpiade 2020.



Simak Video "Kasus Baru Melonjak! Corona Varian Delta Hantui Olimpiade Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)