Kepada Mike Tyson, Khabib Ungkap Rahasia Tak Terkalahkan di UFC

Afif Farhan - Sport
Kamis, 05 Agu 2021 13:35 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia compete against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Kepada Mike Tyson, Khabib Ungkap Rahasia Tak Terkalahkan di UFC. (Getty Images)
California -

Khabib Nurmagomedov memberikan rahasianya tidak pernah kalah di UFC kepada Mike Tyson. Mental baja dan kedisiplinan adalah kunci utama.

Khabib Nurmagomedov diundang ke podcast-nya Mike Tyson di Tyson Ranch, California yang bernama Hotboxin Podcast.

Mike Tyson sendiri memang mengidolai Khabib sebagai salah satu petarung terhebat di UFC. Khabib pun mengidolai Mike Tyson yang merupakan insipirasinya untuk terjun ke dunia combat.

Khabib Nurmagomedov dan Mike TysonKhabib Nurmagomedov (tengah) kala datang ke podcast-nya Mike Tyson (Youtube/ Mountain MMA)

Khabib Nurmagomedov bercerita banyak soal kehidupan dan motivasinya untuk jadi petarung UFC. Bukan petarung sembarangan, The Eagle, begitu julukannya adalah juara kelas ringan UFC dan tidak pernah kalah di dunia MMA profesional dengan rekor kemenangan sempurna 29-0!

"Sejak kecil saya bergulat. Di Dagestan, bertarung ada di dalam darah kami," kata Khabib ketika ditanya soal masa kecilnya.

"Ketika saya bergulat dengan beruang, saya bilang ke ayah saya 'dia akan menggigit'. Ayah saya bilang, 'gigit balik'," lanjut Khabib.

Dari kecil, Khabib sudah ditempa mentalnya habis-habisan. Maka dari situlah, mental sudah mulai berkembang.

Khabib NurmagomedovKhabib Nurmagomedov sukses tiga kali mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC (Instagram/ufc)

Khabib Nurmagomedov melanjutkan, salah satu rahasia kesuksesannya di UFC adalah kedisiplinan. Khabib selalu berlatih walaupun belum ada kesepakatan bertanding.

Khabib juga pernah berujar, dirinya tidak hanya mempersiapkan diri di training camp yang biasanya dilakukan enam bulan sebelum pertarungan. Khabib selalu melatih dirinya setiap hari dengan mempelajari teknik atau gaya pertarungan baru.

"Makan, tidur, latihan, ulangi terus seperti itu. Disiplin dan mental, itu yang terpenting," tegas Khabib.

"Itu jadi gaya hidup," timpal Mike Tyson yang diiyakan Khabib.

Soal mental, Mike Tyson giliran berujar kalau mau jadi juara harus mengalahkan para juara terlebih dulu. Dari situlah, kemudian mental akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkalahkan.

"Ya, bahkan saya selalu merasa diri saya adalah seorang juara (walau belum dapat sabuk juara). Silakan orang lain bilang dirinya juara dan mampu mengalahkan saya, tetapi kita lihat saja nanti," pungkas Khabib sambil tersenyum.

(aff/cas)