Bendera Sebesar Lapangan Bola di Eiffel Mau Sambut Olimpiade 2024

Kris Fathoni W - Sport
Sabtu, 07 Agu 2021 16:37 WIB
Menara Eiffel dibuka
Menara Eiffel di kota Paris. (Foto: AP Photo/Michel Euler)
Jakarta -

Kota Paris bersiap menerima tongkat estafet Olimpiade dari Tokyo. Paris bahkan ingin memulai dengan rekor dunia lewat bendera raksasa di Menara Eiffel yang jadi ikon kota itu.

Olimpiade Tokyo 2020 akan segera resmi berakhir. Perhelatan yang dimulai pada 23 Juli 2021 ini, setelah diundur dari jadwal tahun lalu lantaran terimbas pandemi, bakal menggelar seremoni upacara penutupannya pada hari Minggu (8/8) besok di Olympic Stadium.

Pada momen tersebut, Tokyo akan sekaligus menyerahkan tongkat estafet penyelenggaraan Olimpiade ke kota Tokyo yang menjadi tuan rumah berikutnya pada tahun 2024 mendatang.

Sehubungan dengan momen tersebut, Metro mewartakan bahwa Paris akan berusaha bikin rekor bersejarah dengan mengibarkan bendera raksasa di Menara Eiffel. Besarnya sampai seukuran lapangan sepakbola.

Metro menyebut, belum jelas bendera Prancis atau bendera Olimpiade yang akan dikibarkan di Menara Eiffel dalam usaha pemecahan rekor tersebut. Uji coba pengibaran bendera raksasa itu juga sudah terus dilakukan.

FILE - In this June 8, 2021, file photo, a giant flag flies at the Eiffel Tower during a a test flight in Paris. A giant flag will be flown from the Eiffel Tower like this one on Sunday, Aug. 8, during the Tokyo Olympics closing ceremony that 2024 Paris Olympics organizers claim will be the biggest ever seen. (AP Photo/Lewis Joly, File)Uji coba pengibaran bendera raksasa di Menara Eiffel. Foto: AP/Lewis Joly

"Kami sudah menantikan momen ini lebih lama satu tahun," kata Tony Estanguet, pimpinan penyelenggara Olimpiade Paris 2024.

"Antusiasmenya luar biasa. Kami ingin memulai dengan sebuah rekor dunia. Itu adalah bendera terbesar yang akan pernah dikibarkan. Ukurannya kurang lebih sebesar lapangan sepakbola."

"Jadi memang akan besar sekali. Ini akan menjadi rekor dunia yang pertama pada Paris 2024, karena itu merupakan bendera terbesar yang pernah dikibarkan."

(krs/yna)