Jogging Saat Hujan, Aman Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Jogging Saat Hujan, Aman Nggak Sih?

Erika Dyah - Sport
Rabu, 18 Agu 2021 15:01 WIB
jogging
Foto: shutterstock
Jakarta -

Musim hujan bukanlah penghalang untuk dapat berolahraga di luar ruangan, misalnya dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging. Meski demikian, tak sedikit orang yang takut untuk beraktivitas dalam keadaan hujan karena dikhawatirkan akan sakit.

Melansir Livestrong, berlari di tengah hujan sebenarnya tidak membuat Anda sakit. Akan tetapi, suhu tubuh yang turun saat berlari di tengah cuaca dingin bisa membuat tubuh lebih rentan terkena virus.

Walau tampak berisiko, para ahli setuju bahwa jogging saat cuaca hujan dengan curah hujan ringan hingga sedang tergolong aman untuk dilakukan. Tentunya, jika diikuti dengan persiapan yang aman sebelum keluar rumah seperti menggunakan lapisan pakaian yang aman dan nyaman untuk cuaca hujan, menggunakan sepatu trail tahan air, melakukan pemanasan, serta rutin mengecek kondisi cuaca di tempat Anda jogging.

Seorang pelatih lari bersertifikasi Road Runners Club of America (RRCA) dan USA Track & Field (USATF), Annick Lamar menyebutkan di cuaca hujan, jogging bisa aman dilakukan dengan berlari pada lintasan pendek di sekitar lingkungan rumah.

Selain berguna untuk menggerakkan tubuh, jogging di cuaca hujan juga bisa memberi efek terapeutik. Sebab, suara hujan bisa memberi rasa tenang dan udara yang sejuk saat hujan juga bisa membuat Anda lebih santai dan segar saat jogging.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal biar tetap aman saat jogging di cuaca hujan. Dikutip dari healthline, berikut tips yang dapat Anda simak agar aman saat jogging di cuaca hujan.

Hindari Petir dan Badai

Meski cuaca hujan tergolong aman untuk jogging, ada baiknya sebelum pergi ke luar rumah periksa lagi ramalan cuaca dan curah hujan di daerah sekitar. Jika tampak kilat, petir, apalagi tanda-tanda badai sebaiknya tunda terlebih dahulu kegiatan jogging di luar rumah dan menunggu curah hujan lebih reda.

Cek Suhu Area Lingkungan

Mengecek suhu area di lingkungan rumah menjadi salah satu cara agar terhindar dari kedinginan saat sedang jogging di cuaca hujan. Sebab, jika suhu terlalu rendah dan cuaca sedang hujan, Anda bisa berisiko terkena hipotermia. Untuk itu, penting juga menyiapkan pakaian tahan air yang bisa digunakan saat jogging di cuaca hujan.

Pastikan juga untuk sesegera mungkin mengganti pakaian mulai dari baju, sepatu, hingga kaus kaki yang basah dan mandi air hangat setelah jogging. Hal ini bisa menghindari penyakit serta membuat Anda lebih rileks.

Kenali Area jogging

Penting sekali untuk mengenali area yang akan dilalui saat jogging di cuaca hujan supaya bisa lebih berhati-hati mengenali jalanan yang licin, rusak, atau mungkin menghindari jalan yang banjir.

Jika Anda jogging di jalan atau trotoar saat hujan, pastikan untuk tidak terburu-buru supaya terhindar dari risiko tergelincir. Hati-hati juga saat melewati genangan air karena bisa jadi terdapat lubang yang dalam dari genangan tersebut. Pastikan juga untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan sebelum jogging agar tubuh lebih siap menghadapi rintangan yang mungkin Anda temui saat berlari di cuaca hujan.

Gunakan Sepatu Antislip & Tahan Air

Saat jogging di cuaca hujan, pastikan untuk menggunakan sepatu khusus antislip yang memiliki traksi atau injakan tambahan agar tidak terpeleset seperti sepatu lari trail. Sebab, sepatu ini bisa memberikan gesekan tambahan saat bersentuhan dengan tanah sehingga Anda dapat jogging dengan aman terlebih saat jogging di jalan yang tidak rata.

Gunakan juga sepatu yang memiliki bagian atas tahan air agar kakimu tak basah saat jogging karena hal ini bisa membuatmu kedinginan bahkan sakit setelah berolahraga.

Itu tadi beberapa tips yang dapat dicoba biar bisa jogging dengan aman di cuaca hujan. Untuk Anda yang suka mendengarkan lagu saat berolahraga atau tracking kemampuan berlari, Anda mungkin perlu membawa smartphone saat jogging.

Kini, tak perlu lagi khawatir untuk membawa smartphone saat jogging di cuaca hujan karena dengan Samsung Galaxy Z Fold3 Anda tidak perlu takut basah-basahan. Smartphone ini telah dilengkapi sertifikasi IPX8 yang pertama dalam sejarah smartphone foldable.

Samsung menyematkan IPX8 ke dalam seri Z Fold3 untuk ketahanan terhadap air, sehingga Anda tak perlu lagi khawatir rusak saat terkena air hujan. Kemampuan ini telah diuji coba dengan kondisi perendaman sampai 1,5 m di dalam air tawar hingga 30 menit.

Tak cuma itu, Samsung Galaxy Z Fold3 juga dibuat dari Armor Aluminium terbaru Samsung yang didampingi Corning Gorilla Glass Victur. Spesifikasi ini membuat seri Z Fold3 lebih kuat dan aman dari goresan.

Galaxy Z Fold3 didukung prosesor Snapdragon 888 serta chipset yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB. Untuk layar, Samsung menyematkan layar internal Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci ke dalam Galaxy Z Fold3 lengkap dengan Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

Meski memiliki dimensi yang cukup lebar, Samsung Galaxy Z Fold3 didesain lebih mulus, tipis, dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana termasuk saat jogging di cuaca hujan.

Perangkat ini tersedia dalam tiga pilihan warna antara lain Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver dengan harga mulai dari Rp 24.999.000 dan bisa didapatkan melalui pre-order.

Samsung Galaxy Z Fold3 akan diluncurkan pada 27 Agustus mendatang di sejumlah kawasan, seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan. Untuk setiap pre-order untuk Samsung Galaxy Z Fold3, Anda bisa mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun.

Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3, Anda bisa akses di sini.

(mul/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT