24 Hours of Le Mans: Sean Gelael Memang Gagal ke Hyperpole, tapi...

Mohammad Resha Pratama - Sport
Kamis, 19 Agu 2021 09:07 WIB
2021 FIA World Endurance Championship
24 hours of Le Mans
Le Mans, France
13th - 22nd August 2021
Photo: Drew Gibson
Tim JOTA #28 gagal ke hyperpole 24 Hours of Le Mans (Drew Gibson)
Le Mans -

Sean Gelael dan Tim JOTA #28 memang gagal lolos ke hyperpole pada balapan 24 Hours of Le Mans. Tapi, Sean masih berpeluang untuk bisa finis podium.

Pada sesi pertama free practice kelas LMP2 di Circuit de la Sharte, Le Mans, Rabu (18/8/2021), Sean dan Stoffel Vandoorne fokus pada longer run atau simulasi kecepatan lomba.

Sementara, Blomqvist ditugaskan untuk kualifikasi. Sejatinya JOTA #28 ada di posisi ketiga pada sesi latihan bebas. Namun, upaya keras mereka di sesi kualifikasi belum membuahkan hasil yang diinginkan.

Meski Blomqvist mampu mencatatkan waktu 3 menit 29,835 detik saat sesi kualifikasi, tapi waktu tersebut cuma cukup menempatkan JOTA #28 di posisi ketujuh, satu posisi persis di bawah hyperpole.

Apa itu hyperpole? Khusus di seri 24 Hours of Le Mans, ada yang namanya hyperpole, yakni enam pebalap tercepat di masing-masing kelas dari babak kualifikasi akan beradu cepat lagi untuk menentukan pole position.

Sean GelaelSean Gelael mengikuti sesi kualifikasi 24 Hours of Le Mans Foto: dok.Sean Gelael

Meski tak mengikuti hyperpole, secara umum pace Sean dkk. terbilang menjanjikan. Semua rival utama yang berasal dari Asian Le Mans dan European Le Mans Series berkumpul.

Pada sesi free practice kedua malam harinya, JOTA #28 cuma finis posisi kesepuluh, sementara JOTA #38 menjadi yang tercepat. Keduanya bakal saling berbagi info untuk menghadapi balapan sesungguhnya, Sabtu dan Minggu, 21-22 Agustus.

"Hari pertama kami jalani dengan mengacu pada program. Sejauh ini oke," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.

Balapan 24 Hours of Le Mans adalah seri keempat dari FIA World Endurance Championship. Bagi yang ingin menyaksikan, bisa ditengok di www.sean-gelael.com.

(mrp/yna)