Pacquiao Siap Nyapres di Filipina? Tegaskan Mau Bantu Rakyat

Randy Prasatya - Sport
Minggu, 22 Agu 2021 16:10 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - JANUARY 19:  Manny Pacquiao celebrates after defeating Adrien Broner by unanimous decision during the WBA welterweight championship at MGM Grand Garden Arena on January 19, 2019 in Las Vegas, Nevada. (Photo by Christian Petersen/Getty Images)
Manny Pacquiao siap bersain di pemilihan presiden Filipina. (Foto: Christian Petersen/Getty Images)
Jakarta -

Petinju legendaris asal Filipina, Manny Pacquiao, punya rencana maju dalam pemilihan presiden. Tapi kepastiannya baru akan diumumkan dalam sebulan ke depan.

Pacquiao baru saja kembali ke ring tinju setelah 25 bulan lamanya. Dia bertarung melawan Yordenis Ugas di Las Vegas, Minggu (22/8) siang WIB.

Petinju asal Filipina itu dinyatakan kalah angka secara mutlak 112-116, 113-115, dan 112-116. Ini sekaligus menjadi kekalahan kedelapan untuk pria berjulukan Pacman itu dalam karier tinjunya.

Selain bergelut di dunia tinju, Manny Pacquiao kini juga lebih aktif di politik Filipina. Pria berusia 42 tahun itu disebut-sebut siap bersaing dan mau mencalonkan diri sebagai presiden Filipina.

"Saya akan membuat pengumuman bulan depan. Saya tahu bahwa saya menghadapi masalah besar dan pekerjaan yang lebih sulit daripada tinju, tetapi saya ingin membantu banyak rakyat," kata Pacquiao selepas pertarungan melawan Ugas, yang dikutip dari Philstar.

Pacquiao ada di bendera Partai PDP-Laban, yang membawa Rodrigo Duterte menjadi presiden. Wacana Pacquiao mau maju sebagai presiden mendapat pertentangan dari partai karena Duterte sedang menyiapkan anaknya sebagai calon juga.

Dirangkum dari beberapa media Filipina, Pacquiao mau mendaftarkan Gerakan Juara Rakyat di regionalnya sebagai partai nasional. Jika itu terjadi, Partai PDP-Laban bakal segera memecat Pacman sebagai anggota partai.

Hubungan Manny Pacquiao dengan Duterte juga disebut-sebut terus memburuk. Padahal, Rodrigo Duterte yang kini menjabat sebagai presiden Filipina, juga menjadi ketua partai.

Lihat juga video 'Manny Pacquiao Bersiap Hadapi Duel Penutup Karirnya':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/krs)