FIA WEC: Sean Gelael dkk. Konsisten Podium, Kapan Menang?

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 24 Agu 2021 05:30 WIB
Finis kedua di 24 Hours Le Mans tak membuat Sean Gelael dkk di JOTA #28 puas. Sebab, mereka masih mengincar kemenangan perdana di LMP2 musim ini.
Sean Gelael bertekad menang di WEC seri Bahrain dua bulan mendatang (Nick Dungan)
Le Mans -

Finis kedua di 24 Hours Le Mans tak membuat Sean Gelael dkk di JOTA #28 puas. Sebab, mereka masih mengincar kemenangan perdana di LMP2 musim ini pada seri Bahrain.

Pada seri keempat FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 di Le Mans, Sabtu-Minggu 21-22 Agustus, Sean yang setim dengan Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist, mendapat hasil menggembirakan.

Meski sempat tercecer di luar 10 besar setelah start di posisi ketujuh, Sean, Stoffel, dan Tom sukses mengakhiri balapan di urutan kedua dengan selisih 0,7 detik dari tim WRT yang jadi pemenang. Sementara posisi ketiga jadi milk Panis Racing.

Hasil yang menggembirakan untuk Sean dkk. mengingat mereka menjalani balapan 24 jam ini dengan kondisi yang tidak menguntungkan sejak awal. Tapi, berkat perjuang keras, mereka bisa finis kedua.

"Ini semua berkat Sean yang melakukan Test Day sendirian untuk menjajal semua setelan mobil dan kebutuhan lain, saat kami mengikuti Formula E di Bahrain. Jadi kami berterima kasih pada Sean," ungkap Tom dan Stoffel dalam zoom conference dengan media Indonesia, Senin (23/8/2021) malam WIB.

Dengan finis kedua, Sean dkk. kini memuncaki klasemen LMP2 dengan 89 poin, unggul satu poin atas Team WRT di posisi kedua dan delapan poin dari JOTA #38. Tidak seperti WRT dan JOTA #38, JOTA #28 belum pernah menang sama sekali di WEC tahun ini.

Tapi, JOTA #28 konsisten finis lima besar dari empat balapan berlalu, termasuk tiga kali podium yakni ketiga di Belgia, lalu kedua di Portimao dan Le Mans. Sementara finis terburuk ada urutan kelima di Monza.

Maka dari itu, Sean Gelael dan kedua rekannya bertekad untuk meraih podium teratas di dua balapan terakhir yang semuanya dihelat di Sakhir International circuit, Bahrain, yakni 6 Hours of Bahrain pada 30 Oktober dan 8 Hours of Bahrain pada 6 November.

Sebab, gelar juara di kelas LMP2 adalah target mereka pada penampilan perdana di FIA WEC.

"Di Bahrain, kami ingin mempertahankan posisi di klasemen itu dengan tekad tambahan untuk jadi pemenang balapan," papar Sean.

(mrp/bay)