PB ESI Umumkan Game Esports Tambahan di PON Papua

Randy Prasatya - Sport
Selasa, 24 Agu 2021 19:54 WIB
Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengumumkan masuknya PUBG
Mobile dalam gim yang akan dipertandingkan dalam Ekshibisi Esports PON XX Papua.
Esports bakal tampil di PON Papua. (Foto: dok. PB ESI)
Jakarta -

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) telah mengumumkan game tambahan yang bakal dipertandingkan dalam PON Papua nanti. Game kali ini adalah produksi anak Indonesia.

PB ESI pada pekan lalu mengumumkan bahwa Esports ikut masuk ke ajang PON XX Papua 2021. Esports hadir sebagai cabang olahraga ekshibisi dengan mempertandingkan eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire.

Kini ada satu game lagi yang masuk, yakni Lokapala: Saga of the Six Realms sebagai pertandingan persahabatan. Lokapala adalah game bergenre MOBA yang merupakan karya pengembang asli anak bangsa, Anantarupa Studios.

Beragam konten seperti karakter, skin dan event banyak terinspirasi dari budaya lokal asli Indonesia. Tak hanya sekadar bermain, Lokapala juga menjadi edukasi budaya Indonesia untuk para pemainnya.

"Masuknya Lokapala sebagai friendly match atau laga persahabatan dalam ekshibisi PON ke XX di Papua tahun 2021, tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamers esports yang ingin ini dihadirkan," Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum.

"Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PB ESI terhadap industri pengembangan game lokal. Kami percaya, industri game nasional memiliki potensi yang besar untuk go internasional, sehingga harus selalu kita dukung bersama," sambungnya.

Pertandingan persahabatan game Lokapala dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi pertandingan persahabatan Lokapala sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Pertandingannya akan berlangsung pada 6-7 September 2021. Untuk mempermudah pendaftaran, tim yang mendaftar diperbolehkan berasal dari provinsi yang berbeda. Nantinya, finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp 200.000.000.

"Saya mewakili segenap tim pengembang Lokapala berterimakasih kepada PB Esports Indonesia atas dukungannya terhadap Lokapala, game esports pertama buatan Indonesia sehingga Lokapala digunakan untuk pertandingan persahabatan dalam ekshibisi esports PON XX Papua," kata CEO Anantarupa Ivan Chen.

"Jika PON pertama di Surakarta untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, maka hadirnya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan diselenggarakannya ekshibisi esports PON XX Papua merupakan sebuah pernyataan bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports," tegasnya.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)