Jaenal Aripin Gagal Tembus Final Nomor 100 Meter Paralimpiade

Mercy Raya - Sport
Rabu, 01 Sep 2021 10:33 WIB
Atlet balap kursi roda, Jaenal Aripin
Jaenal Aripin (Foto: Okdwitya Karina Sari/detikSport)
Jakarta -

Parasprinter Indonesia Jaenal Aripin gagal menembus final 100 meter putra Paralimpiade Tokyo. Dia hanya mampu finis keempat di babak penyisihan.

Tergabung di heat pertama yang berlangsung di Olympic Stadium, Rabu (1/9/2021), Jaenal membukukan waktu terbaik 14.53 detik di kelas T54.

Ia kalah cepat dari parasprinter Thailand Nuea A Paeng yang mencatatkan waktu terbaik 14.00 detik. Disusul atlet Kamboja V Van yang finis kedua dengan catatan waktu 14.39 detik.

Sedangkan dua parasprinter lainnya yang lolos datang dari Meksiko Cervantes Garcia J. Dia menjadi yang tercepat di heat kedua dengan catatan waktu 13.85 detik, disusul atlet China Y Hu yang mencetak waktu 13.96 detik.

Sementara di heat ketiga, atlet dari Finlandia LP Tahti menduduki posisi pertama dengan catatan waktu lebih cepat yaitu 13.81 detik, diikuti pelari tercepat kedua asal China Y Zhang yang mencatat waktu 13.95 detik. Keenam atlet itu dinyatakan lolos kualifikasi dan berhak mengantongi tiket ke final.

Bagi Jaenal Aripin, tampil di 100 meter putra sejatinya merupakan kesempatan kedua, setelah kegagalan di nomor 400 meter T54 pada akhir pekan lalu.

Ia melakukan kesalahan setelah langsung memulai start lebih awal saat tembakan aba-aba belum dibunyikan. Akibatnya, ia didiskualifikasi dan langsung dikeluarkan dari perlombaan.

Jaenal masih memiliki kesempatan terakhir untuk meraih medali dengan tampil di nomor lomba estafet 4x100 meter universal bersama Karisma Evi Tiarani, Saptoyogo Purnomo, dan Putri Aulia pada 3 September mendatang.

Lihat juga video 'Ragam Cuitan Warganet Ramaikan Penutupan Olimpiade Tokyo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)