Sebulan Jelang PON Papua, Infrastruktur TIK Dijajal Dulu

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 04 Sep 2021 22:06 WIB
PON XX Papua rencananya akan digelar pada Oktober 2021 mendatang. Beragam persiapan pun dilakukan di venue yang bakal jadi tempat sejumlah cabor dipertandingkan
Kesiapan Infrastruktur TIK jelang PON 2021 diperiksa (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)
Jayapura -

PON Papua 2021 kurang dari sebulan lagi akan dihelat. Segala macam persiapan mulai diperiksa, salah satunya soal infrastruktur jaringan informasi di sana.

PON 2021 yang tertunda setahun akhirnya dihelat juga di Papua pada 2 hingga 15 Oktober. Persiapan infrastruktur terutama venue tentu paling disorot mengingat ada 37 cabang olahraga dipertandingkan di sana.

Ada sekitar delapan lokasi di empat Kabupaten/Kota yang dipersiapkan untuk semua pertandingan yang melibatkan lebih dari 6.000 ribu atlet tersebut, yakni kota Jayapura, kabupaten Jayapura, kabupaten Merauke, dan kabupaten Mimika. Lokasi utama ada di Stadion Lukas Enembe yang berkapasitas 40 ribu tempat duduk.

Tentunya dengan jumlah pertandingan dan individu yang terlibat di sana, infrastruktur tak cuma dari venue atau tempat tinggal atlet, tapi juga soal ketersediaan jaringan teknologi dan informasi.

Sudah pasti TIK akan memegang peranan penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan PON Papua. Media serta ofisial setiap provisini sudah pasti membutuhkannya.

Maka dari itu, PT Telkom Indonesia sebagai rekanan jaringan TIK sudah mengadakan rangkaian Rehearsal Test, Kamis (2/9) di Jayapura Papua.

Acara dimulai dari kunjungan Edi Witjara selaku Direktur Enterprise and Business Service Telkom ke Stadion Lukas Enembe guna meninjau kesiapan infrastruktur TIK.