Jokowi Teken Perpres No 86/2021 soal Desain Besar Olahraga Nasional

Khoirul Anam - Sport
Kamis, 09 Sep 2021 15:20 WIB
Presiden Jokowi
Foto: dok. Kemenpora
Jakarta -

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memperingati Hari Olahraga Nasional (Haronas) ke-38 atau Haornas 2021 yang bertepatan hari ini. Kegiatan digelar secara hibrid, yakni sebagian peserta hadir di gedung GOR POPKI Cibubur dan sebagiannya mengikuti secara virtual.

Tema Haornas 2021 yaitu Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju atas arahan Presiden Joko Widodo pada Haornas 2020 lalu. Diketahui, Jokowi meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional dan melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi. Di samping itu, ia mengimbau untuk melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat hingga ke tingkat daerah.

Kemenpora dan pemangku kepentingan lainnya pun menyusun Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dijadikan sebagai panduan dan pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga.

"Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan. Untuk menghasilkan prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, yang terencana terstruktur dan berkesinambungan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Namun, kata dia, hal itu harus ada dukungan elemen-elemen penunjang lainnya. Disamping itu, dalam pembinaan olahraga modern, unsur sport science harus dijadikan sebagai panduan utama dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi di tingkat dunia.

"Selain itu, kita harus menempatkan olahraga sebagai bagian terpenting dalam pembentukan sumber daya manusia yang tangguh berkarakter dan punya kemampuan untuk bersaing," jelasnya.

Di sisi lain, Amali mengingatkan bahwa pembiayaan untuk kegiatan olahraga harus dipandang sebagai investasi dan bukan biaya semata.

"Kita tidak boleh mendapatkan prestasi by accident. Prestasi itu harus dicetak atau dengan kata lain prestasi harus by design sehingga segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembinaan prestasi harus punya rujukan yang jelas dengan ukuran-ukuran yang pasti dan bisa beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi," katanya.

Amali mengungkapkan tepat pada Haornas ke 38 ini, DBON telah resmi memiliki payung hukum, yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021.

"Bapak Presiden Pak Joko Widodo pada hari ini, tanggal 9 September 2021 telah menandatangani Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Ini juga sebagai penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia. Dengan ditandatanganinya Perpres pada hari ini oleh Bapak Presiden itulah sebagai penanda dari dimulainya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional," ucapnya

Selain itu, pada Haornas 38 ini, Amali memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku yang dinilai telah berkontribusi terhadap kemajuan prestasi olahraga nasional dari berbagai latar belakang, seperti atlet, dosen, pelatih, wartawan, pimpinan cabang olahraga, dan pimpinan organisasi olahraga.

"Peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-38 ini pemerintah akan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah berprestasi dalam berbagai kejuaraan tingkat dunia khususnya di ajang Olimpiade dan Paralimpiade," jelasnya.

Sebagai informasi, perayaan Haornas ke-38 turut dihadiri Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet, kepala daerah, pimpinan cabang olahraga dan sejumlah anggota DPR.



Simak Video "Kapolri Minta Polisi Humanis Sikapi Warga Beraspirasi saat Kunker Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)