Peringati Haornas ke-38, Ini Harapan Gibran

Ari Purnomo - Sport
Kamis, 09 Sep 2021 14:15 WIB
Gibran Rakabuming Raka
Harapan Gibran Rakabuming Raka di HAORNAS ke-38. (Foto: detikcom/Ari Purnomo
Solo -

Wali Kota SoloGibran Rakabuming Raka mengungkap harapan besar di Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38. Dia berharap 2 hal dari kota yang dipimpinnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengungkap harapam Kota Solo mampu melahirkan atlet berprestasi dan kemenangan untuk tim sepakbola Persis Solo, Kamis (9/9/2021).

"Sola kota kecil tapi venue olahraganya banyak, kami harus bisa melahirkan atlet dengan berprestasi nasional dan tim-tim kalau di Manahan ada tim bola Persis juga harus menang juga," ujar Gibran disela membuka Pekan Olahraga Warga Solo (Powarso) di kompleks Stadion Manahan.

Gibran menambahkan, selama ini Kota Solo memiliki sarana dan prasarana yang begitu lengkap. Sehingga, sudah menjadi hal wajar jika hal itu bisa dimaksimalkan untuk menelurkan atlet yang memiliki prestasi bagus.

"Kami memiliki sarana dan prasarana yang tidak kurang-kurang. Kelas-kelas internasional, jadi untuk latihan, pembibitan kita sudah cukup semua sarananya," tuturnya.

Dengan berbagai sarana pendukung tersebut, menurutnya akan bisa mendongkrak prestasi olahraga yang ada.

"Optimis mampu mendongkrak prestasi olahraga di Solo. Tadi juga lihat wushu luar biasa," urainya.

Sementara itu terkait dengan Powarso yang digelar saat Haornas, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Joni Hari Sumantri menyampaikan, gelaran Powarso sendiri sempat ditiadakan satu kali karena adanya pandemi.

"Tahun 2020 kemarin ditiadakan karena pandemi, nanti ini akan digelar lagi dengan protokol kesehatan ketat. Dan tentunya, setelah PPKM turun ke level 2," katanya.

Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Powarso sendiri, Joni mengatakan, merupakan olahraga tradisional. Seperti ketapel, egrang dan beberapa cabang olahraga tradisional lainnya.

"Gelarannya digelar di kompleks stadion Manahan Solo, tapi nanti," kata Gibran.



Simak Video "Elite PDIP soal Saling Puji Anies-Gibran: Kami Tak Maknai ke Arah Kontestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)