Presiden Jokowi Kucurkan Bonus Peraih Medali Paralimpiade 2020

Mercy Raya - Sport
Jumat, 17 Sep 2021 09:57 WIB
Bogor -

Presiden RI Joko Widodo memberikan bonus bagi peraih medali Paralimpiade Tokyo 2020. Leani Ratri dkk mendapat besaran sama dengan peraih medali Olimpiade.

Acara penyerahan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (17/9/2021). Hadir dalam acara tersebut selain atlet Paralimpiade juga Menpora Zainudin Amali, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun, serta Chef de Mission Andi Herman.

"Alhamdullilah seluruh kontingen Paralimpiade Tokyo telah tiba di Tanah air, semuanya kembali dalam keadaan sehat. Saya dan seluruh masyarakat Indonesia menyambut kepulangan saudara-saudara dengan gembira, senang, dan bangga," kata Jokowi dalam sambutannya.

"Menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan kerja keras saudara-saudara yang berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara,"

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Menpora perolehan medali dibandingkan Paralimpiade sebelumnya mengalami sebuah lompatan. Sekali lagi saya mengucapkan selamat bagi para peraih medali dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh atlet pelatih, ofisial, pendamping, cdm, duta besar, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu persatu."

Atlet Paralimpiade Tokyo 2020 dapat bonus dari Presiden RI Joko WidodoAtlet Paralimpiade Tokyo 2020 dapat bonus dari Presiden RI Joko Widodo Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Dan juga terima kasih atas medali emas yang diberikan cabang bulutangkis. Bukan hanya satu emas tetapi langsung dua emas. Ini adalah sebuah lompatan dan saudara-saudara mampu membuktikan bersaing di kancah global dan selamat juga para peraih medali perak dan perunggu."

"Atas prestasi yang saudara raih pemerintah memberikan penghargaan apresiasi berupa bonus Rp 5,5 miliar kepada peraih emas, Rp 2,5 miliar bagi peraih medali perak, Rp 1,5 miliar kepada peraih medali perunggu. Dan bonus juga diberikan kepada para atlet non peraih medali serta pelatihnya."

Presiden Jokowi berharap prestasi yang ditorehkan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 dapat memotivasi atlet lainnya untuk menciptakan prestasi yang sama. Terlebih Paralimpiade berikutnya menyisakan waktu persiapan tiga tahun.

"Semoga prestasi ini dapat jadi inspirasi, motivasi bagi para atlet dan masyarakat agar terus bekerja keras memberikan yang terbaik buat bangsa," harapnya.

"Jangan lalai! Ingat paralimpiade di Prancis tinggal 3 tahun lagi karena 2024. Kami harap 2024 kita bisa meraih medali dan prestasi yang lebih tinggi lagi," Jokowi menegaskan.

Atlet Paralimpiade Tokyo 2020 dapat bonus dari Presiden RI Joko WidodoAtlet Paralimpiade Tokyo 2020 dapat bonus dari Presiden RI Joko Widodo Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

NPC Indonesia berhasil memperbaiki peringkatnya dengan menembus peringkat ke- 43. Hasil itu dicapai setelah kontingen Indonesia berhasil meraih dua medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

Bulutangkis menjadi cabang olahraga tersubur setelah menyumbangkan enam medali untuk Merah Putih. Dua di antaranya emas dari nomor ganda campuran Hary Susanto/Leani Ratri Oktila dan ganda putri Leani/Khalimatus Sadiyah.

Medali lainnya disumbangkan dari cabang atletik yaitu Saptoyoga Purnomo dan tenis meja David Jacobs, serta angkat berat dari Ni Nengah Widiasih.

(mcy/mrp)